logo


Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon Tergelincir di Lanud Roesmin Nurjadin

Peristiwa insiden pesawat F-16 Fighting Falcon tersebut terjadi pada pukul 17.25 WIB yang mengakibatkan pesawat mengalami kerusakan.

14 Maret 2017 21:56 WIB

Ilustrasi pesawat tempur F-16 Fighting Falcon
Ilustrasi pesawat tempur F-16 Fighting Falcon Ist

PEKANBARU, JITUNEWS.COM - Sebuah pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin dengan nomor TS-1603 mengalami insiden tergelincir di ujung runway 18 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Selasa (14/3).         

Peristiwa insiden pesawat F-16 Fighting Falcon tersebut terjadi pada pukul 17.25 WIB yang mengakibatkan pesawat mengalami kerusakan.

Tergelincirnya pesawat F-16 tersebut disebabkan karena Brake Malfunction setelah pesawat landing dari runway 36. 


Pasca Insiden Pesawat Tergelincir, Bandara Halim Perdanakusuma Telah Kembali Beroperasi

Kedua penerbang yang selamat, yakni atas nama Mayor Pnb Andry yang sehari-hari sebagai Kasiops Skadron Udara 16 dan Lettu Pnb Marco sebagai siswa konversi, saat ini dibawa ke Rumah Sakit Lanud Roesmin Nurjadin untuk pemeriksaan. Sedangkan pesawat dievakuasi untuk ditarik ke hanggar Skadron Udara 16. 

Pesawat tempur F-16 merupakan pesawat buatan Amerika yang dibeli pemerintah Indonesia pada tahun 1989, saat itu Indonesia membeli sebanyak 12 pesawat sebagai salah satu kekuatan TNI Angkatan Udara dalam melaksanakan tugas menjaga wilayah udara nasional.

Kronologi Pesawat Tergelincir di Bandara Ilaga Papua

Halaman: 
Penulis : Riana