logo


PD Pasar Jaya Akan Beli Alat Penyimpanan Bahan Pokok Sebelum Ramadhan

Dirut PD Pasar Jaya Arief menjamin, alat seharga Rp 5 miliar tersebut mampu menahan kondisi bawang lebih awet selama enam bulan dan cabai tetap segar dalam 3 bulan.

13 Maret 2017 18:05 WIB

Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin.
Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin. beritajakarta.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Antisipasi melonjaknya harga bahan pokok, seperti cabai dan bawang di Jakarta saat bulan Ramadhan, PD Pasar Jaya berencana membeli alat penyimpanan agar lebih tahan lama.

Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan, mesin yang diciptakan oleh perusahaan dalam negeri ini, akan dibeli sebanyak dua unit masing-masing sekitar 20 dan 40 ton. Arief memprediksi, dengan adanya alat penyimpanan tersebut, PD Pasar Jaya dapat menstabilkan harga cabai dan bawang yang sewaktu-waktu dapat melonjak, dengan skema penyetokan.

"Kita jagain stoknya DKI Jakarta. Udah tetap jaga harganya bisa stabil. Pengalaman itu kita tuangkan dalam mesin. Jadi ketika cabai lagi jarang, tinggal kita keluarin cabe itu," ungkap Arif di Balai Kota Jakarta, Senin (13/3).


Diplomasi Kopi Presiden Jokowi

Arief menjamin, alat seharga Rp 5 miliar tersebut mampu menahan kondisi bawang lebih awet selama enam bulan dan cabai tetap segar dalam 3 bulan. Sementara untuk bahan pokok lainnya, alat penyimpanan dapat lebih berfungsi lebih maksimal menjaga kesegaran lantaran karakter bahan pokok yang tidak serapuh bawang dan cabai.

"Kalau yang lainnya, lebih aman karena yang sensitif kan bawang dan cabai. Kita masih akan negosiasi terkait harga karena ini dedikasi untuk pemerintah jadi diharapkan lebih murah, gak Rp5miliar," ujarnya.

Seperti diketahui, melonjaknya harga bahan pokok terutama cabai dan bawang kerap menjadi pemicu penyebab inflasi di Jakarta. Mengantisipasi hal serupa terjadi kembali, Pemprov DKI dan Bank Indonesia untuk DKI Jakarta mengajak kerja sama perusahaan asal Kudus, PT Pura untuk membuat alat penyimpanan yang tahan lama.

JK Mewanti-Wanti Agar yang Satu ini Tak Bergejolak!

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Syukron Fadillah