logo


Heboh #SkipChallenge, Menkes : Itu Menyakiti Diri Sendiri

Viralnya permainan skip challenge membuat Menkes Nila Moeloek angkat bicara

10 Maret 2017 10:31 WIB

Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila Farid Moeloek.
Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila Farid Moeloek. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Viralnya permainan skip challenge atau pass out challenge di kalangan remaja membuat Menteri Kesehatan, Nila Moeloek angkat bicara terkait hal tersebut.

Menurutnya, permainan itu dapat menyakiti diri sendiri dan dapat menimbulkan pendarahan yang serius bagi yang memainkanya. Menkes juga menyesalkan viralnya hal tersebut di beberapa media sosial karena banyak remaja yang meniru permainan berbahaya itu. 

"Aduh aduh. Jangan dong. Kalau ada penekanan seperti itu nanti ada pendarahan, apa saya kira, saya baru dengar itu gamenya. Nanti saya cari. Nggak bisa itu. Itu bisa menyakiti diri sendiri," ungkapnya.


Menkes Terbitkan Travel Advisory Terkait Wabah Zika

Pihaknya juga memberi pesan pada pelajar untuk tidak meniru permainan itu.

"Ya pastilah, bisa saja kamu tekan dada kamu sama aja kayak orang ketabrak. Keteken dadanya, patah tulangnya, ketusuk nanti paru-parunya. Segala macam," tambahnya.

Sementara itu, Siska Danny, Dokter spesialis Jantung di Rumah Sakit Harapan Kita mengungkapkan bahwa kekurangan oksigen selama 4 menit saja dapat merusak jaringan syaraf pusat.

"Jaringan saraf merupakan jaringan yang tidak mampu memperbaiki diri kalau rusak. Jadi begitu rusak ya rusak," tuturnya.

Menkes Nila Moeloek Ke Solo, Pastikan Menantu dan Cucu Jokowi Sehat

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari