logo


Tambah Lima Mesin, PLN Tingkatkan Keandalan Kelistrikan di Dobo

Pihak PLN mengklaim kelima mesin ini akan membuat Kota Dobo memiliki cadangan daya.

9 Maret 2017 17:31 WIB

Mesin baru yang tiba di Pelabuhan Yos Sudarso, Dobo pada hari Rabu (8/3).
Mesin baru yang tiba di Pelabuhan Yos Sudarso, Dobo pada hari Rabu (8/3). dok. PLN

DOBO, JITUNEWS.COM - Sebagai upaya meningkatkan keandalan kelistrikan di Kota Dobo, ibu kota Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, PLN mendatangkan lima mesin baru yang tiba di Pelabuhan Yos Sudarso, Dobo pada hari Rabu (8/3).

Kelima mesin dengan kapasitas masing-masing 850 kW (5x850 kW) tersebut akan diletakkan di PLTD Wamar dan direncanakan dapat segera beroperasi pada minggu ketiga bulan Maret ini.

Penambahan kelima mesin tersebut akan menambah pasokan listrik di Dobo dimana sebelumnya pada bulan Desember 2016 lalu PLN juga telah mendatangkan tiga mesin berkapasitas 500 kW (3x500 kW) yang telah beroperasi hingga saat ini.


Menteri ESDM Turunkan Tarif Listrik 7 Golongan Pelanggan Nonsubsidi

Manajer Teknik PLN M2U Adriansyah mengatakan bahwa kelima mesin ini akan membuat Kota Dobo memiliki cadangan daya.

"Saat ini Daya Mampu di Dobo sebesar 3,25 MW dengan Beban Puncak mencapai 3,4 MW. Dengan adanya penambahan kelima mesin tersebut, maka Daya Mampu di Dobo akan mencapai 6,25 MW sehingga terdapat cadangan daya sebesar 2,85 MW," Kata Adriansyah.

Daerah Kabupaten Kepulauan Aru dihuni oleh 7.892 pelanggan rumah tangga, 688 pelanggan bisnis dan 1 pelanggan industri. Keseluruhan pelanggan bisnis dan industri tersebut berada di Kota Dobo, sementara dari total pelanggan rumah tangga, sebanyak 7.692 pelanggan berada di ibu kota Kepulauan Aru tersebut.

Jaringan Listrik Harus Terbebas dari Pohon

Sebelumnya kota Dobo memiliki tambahan tiga mesin baru yang telah beroperasi pada Desember 2016 lalu, namun terdapat satu unit mesin yang mengalami derating (penurunan daya mampu suatu unit pembangkit terhadap daya terpasang) akibat gangguan jaringan karena pohon.

"Hal ini sudah kami sampaikan saat kunjungan kerja DPRD Kepulauan Aru ke PLN M2U di Ambon pada 31 Januari kemarin, sehingga diharapkan ke depan ada peran serta dari pemerintah dan masyarakat untuk sama-sama dengan PLN menjaga kebersihan di sekitar jaringan terutama harus terbebas dari pohon agar keandalan mesin dan jaringan tetap terjaga," ujar Adriansyah.

Adriansyah juga menambahkan, Jarak Aman pohon yang berada dekat dengan jaringan yaitu tiga meter di sisi kanan dan kiri dari jaringan serta untuk bagian di atas jaringan harus bebas dari pohon.

"Rasio Elektrifikasi di Kota Dobo itu sudah mencapai 100 persen, oleh karena itu dengan penambahan lima mesin ini diharapkan peran serta masyarakat untuk bersama - sama dalam menjaga aset kelistrikan di Kota Dobo agar keandalan dapat dipertahankan," tutup Adriansyah.

Ini Asumsi Makro Sektor ESDM Tahun 2021

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah