logo


Jaga Peningkatan Produksi, Kementan Dukung Langkah Replanting Kelapa Sawit

Langkah replanting ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mendukung petani kelapa sawit, terutama dalam meningkatkan hasil produksi.

9 Maret 2017 13:18 WIB

Petani sawit.
Petani sawit. dok. Beritadaerah.co.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hingga saat ini Kementerian Pertanian (Kementan) terus mengupayakan sejumlah langkah strategis guna menjaga dan meningkatkan hasil produksi kelapa sawit tanah air. Salah satu strategi yang saat ini dilakukan oleh pemerintah adalah melalui langkah replanting atau peremajaan kelapa sawit.

"Kita akan melakukan langkah replanting kelapa sawit yang ada, tujuannya untuk kembali meningkatkan produktivitas hasil di sektor perkelapasawitan tanah air," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan), Bambang, saat hadir dalam acara FGD bertajuk "Kebijakan Akselerasi Pembiayaan dan Kepastian Hukum Atas Lahan Perkebunan Kelapa Sawit Dengan Pola Kemitraan" di Jakarta, Kamis (9/3).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa langkah replanting ini akan dilakukan secara bertahap. "Kita akan lakukan secara bertahap, tidak sekali jalan tetapi semuanya berproses. Makanya nanti ada proses pra peremajaan dan baru kemudian langkah peremajaan," imbuhnya.


Pembangkit Listrik Biomassa Cangkang Kelapa Sawit Siap Dibangun di Kalbar

Bambang menegaskan bahwa langkah replanting ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mendukung petani kelapa sawit, terutama dalam meningkatkan hasil produksi.

"Jadi tidak benar kalau di sebut pemerintah tidak pro terhadap petani, tetapi sebaliknya pemerintah paling pro kepada petani sawit," pungkasnya.

Ia berharap, dengan adanya langkah replanting ini, ke depannya produktivitas hasil sawit tanah air bisa terus meningkat, karena menurutnya sampai saat ini banyak tanaman sawit yang sudah tua dan perlu langkah peremajaan.

DPR Pastikan RUU Kelapa Sawit Mampu Mengakomodasi Semua Kepentingan

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan