logo


Mengetahui Ciri-Ciri Hamster Hamil dan Cara Perawatan Anakannya

Kehamilan hamster biasanya kurang lebih 16 hari dari proses pembuahan sampai kelahiran

2 Desember 2014 10:58 WIB

Makanan hamster hamil yang baik adalah yang mengandung banyak protein, seperti telur rebus, daging ayam dll. FOTO : ISTIMEWA
Makanan hamster hamil yang baik adalah yang mengandung banyak protein, seperti telur rebus, daging ayam dll. FOTO : ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mungkin Anda tidak mengetahui bahwa hamster yang baru saja Anda beli dari toko hewan peliharaan ternyata adalah hamster hamil dan kemudian ia melahirkan tanpa sepengetahuan Anda. Bahkan jika Anda secara tidak sengaja menyatukan hamster jantan dengan betina, maka si hamster betina menjadi hamil. Lalu dalam kondisi ini, apa yang harus dilakukan?

Hamster hamil sebaiknya tidak diganggu atau disentuh. Tapi, untuk memastikan hamster Anda hamil atau tidak, berikut JITUNEWS ulas ciri-cirinya :

- Bentuk tubuh berubah menjadi seperti bohlam, perut bagian belakang membuncit.


Tips Mengetahui Ciri-Ciri Murai Batu Medan Asli

- Menjadi lebih agresif dan sering menyerang pejantannya.

- Makan dan minum akan lebih banyak dari biasanya.

- Intensitas bermain roda berputar berkurang.

- Mulai membuat sarang di pojok-pojok kandang.

- Puting susu membesar dan terlihat dengan jelas.

Setelah Anda memastikan bahwa hamster Anda hamil, hal penting lainnya yang harus Anda lakukan adalah memberikan tissu toilet atau tissu yang halus di kandang hamster, sehingga hamster bisa membuat sarangnya untuk melahirkan. Kehamilan hamster biasanya memakan waktu kurang lebih 16 hari dari proses pembuahan sampai kelahiran.

Pastikan suplai makanan dan minuman yang cukup untuk hamster hamil Anda. Berikan makanan dan minuman dengan lembut sehingga tidak membuat hamster hamil Anda takut. Makanan hamster hamil yang baik adalah yang mengandung banyak protein, seperti telur rebus, daging ayam dll.

Nah, setelah hamster Anda melahirkan, ada baiknya Anda jangan menyentuh bayi-bayi hamster sampai umurnya mencapai 2 minggu atau lebih. Begitu bayi-bayi hamster lahir, jangan terlalu khawatir terhadap kandang hamster yang sedikit kotor. Biarkan hamster-hamster Anda untuk sementara waktu sampai kurang lebih 2 minggu. Hindari menyentuh sarang hamster.

Selain itu, hindari memperhatikan terlalu lama bayi-bayi hamster yang baru dilahirkan. Perlu diingat bahwa si induk hamster yang baru melahirkan akan sangat protektif terhadap bayi-bayinya. Bahkan dia akan terlihat cukup agresif apabila melihat Anda. Jangan khawatir, hal ini adalah normal. Jika Anda benar-benar perlu memindahkan bayi hamster, maka gunakanlah sendok untuk memindahkannya. Dengan begitu, bau tangan Anda tidak akan melekat di tubuh bayi-bayi hamster. Karena begitu si induk hamster merasa bahwa bau tangan Anda melekat di tubuh bayi-bayinya, maka ia akan merasa bahwa itu adalah musuhnya, sehingga induk hamster akan memakan bayinya sendiri.

Nah, hal lain yang perlu Anda lakukan adalah memisahkan induk hamster yang baru melahirkan itu dari hamster jantan. Karena kalau tidak Anda pisahkan, si induk hamster cepat hamil lagi dengan mudah. Jarak kehamilan yang terlalu dekat akan berakibat kurang baik bagi induk hamster dan bayi-bayinya. Jadi, sebaiknya Anda selalu pisahkan kandang hamster jantan dengan hamster betina.

Trik Unik Budidaya Green Iguana

Halaman: 
Penulis : Riana