logo


Akhirnya Pedang 'Emas' Pemberian Arab Saudi 'Mampir' ke KPK

Pedang yang menjadi polemik itu telah dilaporkan ke KPK oleh pihak Polri.

7 Maret 2017 12:09 WIB

Ilustrasi logo KPK.
Ilustrasi logo KPK. JITUNEWS/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sebagai tindak lanjut polemik gratifikasi 'pedang emas' yang diterima Kapolri, Jenderal Pol. Tito Karnavian, dari Kerajaan Arab Saudi, pihak Polri yang diwakili Kombes Pol. Dadang Hartanto selaku Kepala Koordinator Sekretaris Pribadi (Kakorspri) dan Kombes Pol. Martinus Sitompul selaku Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri menyambangi kantor KPK, hari ini, Selasa, tanggal 7 Maret 2017. 

Maksud kunjungan ini adalah melaporkan dan menyerahkan pedang yang dimaksud kepada pihak KPK. Hal tersebut dibenarkan Wakil Ketua KPK, Laode M. Syarief.

"Hari ini saya dapat tamu dari Mabes Polri dalam rangka melaporkan pedang yang disebut pedang emas," kata Laode dalam keterangan pers nya.


Kunjungan 15 Kepala Negara Tenggelam dalam Kehebohan Raja Salman

Sementara itu, Kombes Pol. Dadang Hartanto menyampaikan bahwa kedatangannya ke kantor KPK merupakan perintah dari Kapolri sebagai bentuk kepatuhan dan tanggung jawab Kapolri untuk melaporkan segala bentuk gratifikasi yang mungkin terjadi, dalam hal ini, adalah ruang lingkup Kepolisian. 

"Kami menyampaikan laporan gratifikasi dari Kapolri berdasarkan surat perintah sebagai staf pribadi beliau berupa cendera mata yang diterima Pak Kapolri," ujar Dadang.

Terkait status pedang tersebut, Dadang belum bisa memberikan kepastian. Pihak KPK akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan apakah pedang tersebut nantinya dikembalikan ke Polri atau tidak.

"Ini kami serahkan hari ini dan diterima langsung oleh Pak Wakil Ketua KPK, kemudian kami diberikan tanda terima. Nanti akan dicek dalam beberapa hari akan dinilai KPK apakah keputusannya dikembalikan, itu keputusan KPK," kata Dadang lagi.

Desak Kapolri Tangkap Menteri Yaqut, Eggi Sudjana: Ia Cederai Marwah Umat Islam Lainnya

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari