logo


Analisis Ahli Soal Bahasa Tubuh Raja Salman di Vlog Jokowi

Raja Salman berkali-kali menatap Jokowi saat bicara dengan senyum asli. Ini menandakan kesenangan dan rileks

7 Maret 2017 03:06 WIB

Vlog Presiden Jokowi bersama Raja Salman
Vlog Presiden Jokowi bersama Raja Salman Facebook

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Aksi nge-vlog yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Raja Arab, Salman bin Abdulaziz Al-Saud, di Istana Bogor, Rabu (1/3) pekan lalu, terbukti menuai kehebohan di jagat media sosial.

Dalam vlog tersebut, terlihat keakraban di antara kedua pemimpin negara tersebut. Jokowi terlihat begitu ‘mahir’ dalam mengabadikan momen berharga tersebut. Bahkan, sang raja turut memberikan pesan singkat dengan bahasa Arab.

Terkait aksi nge-vlog Presiden Jokowi dan Raja Salman itu, pakar mikroekspresi dari Universitas Padjadjaran (Unpad), Antar Venus, pun memberikan analisisnya.


Agar SMK Lebih Invovatif, Jokowi Usulkan Jurusan Vlog

Dikutip dari laman JawaPoscom, Venus mengungkapkan bahwa senyum Raja Salman di video Jokowi itu digerakkan otot orbiculus oculli (sudut luar mata) dan zygimatic (sudut luar bibir) menunjukkan adanya kerutan. Hal itu, kata Venus, menunjukkan adanya senyum yang tulus atau genuine smile.

Tapi jika senyum itu hanya memperlihatkan otot zygimatic, maka berarti karena pura-pura atau fake smile
“Biasanya untuk basa-basi,” tutur Venus, Senin (6/3).

Kemudian, Venus pun memaparkan bahwa senyuman Raja Salman juga menunjukkan bibirnya terbuka. Sedangkan sudut bibirnya tertarik ke belakang. Venus menyebut hal itu menunjukkan senyum senang. 

Venus pun lantas mengungkapkan bahwa di video itu, pupil mata Raja Salman terlihat membesar. Pupil yang membesar terjadi saat mengatakan senang di Indonesia pada kalimat pertama.

"Raja Salman juga berkali-kali menatap Jokowi saat bicara dengan senyum asli. Ini menandakan kesenangan dan rileks,” pungkasnya.

Presiden Jokowi Ajak Raja Salman Nge-vlog, Videonya Langsung Viral!

Halaman: 
Penulis : Riana