logo


Harga Gabah Petani Anjlok, Ini Kata Pengamat

Pemerintah diminta komitmen agar bisa mengembalikan kisaran harga beli gabah petani pada kisaran harga normal.

6 Maret 2017 13:00 WIB

Petani mengayak gabah hasil panen.
Petani mengayak gabah hasil panen. JITUNEWS/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat Politik Pangan Andi Sinulingga mengatakan bahwa pemerintah perlu gencar dalam melakukan langkah serapan gabah petani. Ia mengatakan bahwa di beberapa tempat terjadi penurunan harga beli gabah petani, yang berdampak pada kerugian bagi petani.

"Saat ini kan sedang ada panen raya padi di sejumlah tempat dan pada saat yang sama harga gabah terus anjlok, jauh di bawa harga HPP," demikian kata Andi Sinulingga saat dihubungi Jitunews.com, Senin (6/3).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa siklus penurunan harga gabah dan harga beras petani di kala musim panen raya sebenarnya bukan merupakan hal yang baru.


Harga Kopra Anjlok, PKS: Pemerintah Harus Tanggung Jawab Cari Solusi

"Siklus penurunan harga gabah, harga padi di saat musim panen raya ini kan hal yang biasa terjadi, setiap musim panen harga gabah pasti selalu anjlok,”demikian katanya.

Namun pihaknya meminta komitmen dari pemerintah agar bisa mengembalikan kisaran harga beli gabah petani pada kisaran harga normal.

"Petani hanya berharap kepada pemerintah, kalau benar pemerintah memiliki konsen yang besar pada kesejahteraan petani, maka kondisi harga ini bisa segera dinaikkan pada harga yang normal," tukasnya.

Beberapa waktu lalu Presiden menginstruksikan kepada pihak Bulog untuk gencar dalam melakukan langkah serapan gabah petani, hal ini kemudian di lanjutkan dengan langkah koordinasi yang intens antara Bulog dan Kementan untuk bersama-sama turun ke lapangan melakukan serapan gabah petani.

Pada saat ini di beberapa tempat khususnya di jawa tengah dan jawa timur petani mengeluhkan turunnya harga gabah yang mencapai Rp 2.800 per kg, sementara kisaran harga beli gabah pemerintah mencapai Rp 3.700.

Mantap! Panen Jagung di Gunungkidul Berjalan Sukses

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah