logo


Koordinasi Bulog-Kementan Kunci Suksesnya Langkah Serapan Cabai Rawit Petani

Pemetaan lokasi panen cabai rawit perlu dilakukan.

6 Maret 2017 12:42 WIB

Cabai rawit.
Cabai rawit. JITUNEWS/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Pengadaan Perum Bulog Tri Wahyudi mengatakan bahwa untuk menjaga harga cabai rawit pihaknya akan langsung membeli cabai rawit petani di lapangan dan menjualnya ke konsumen.

Untuk mensukseskan langkah serapan cabai rawit petani tersebut, pihaknya melakukan langkah kerjasama dan koordinasi yang intensif dengan pihak Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktur Jenderal Hortikultura Kementan.

"Kami akan terus lakukan langkah koordinasi dengan pihak Kementan, untuk melakukan langkah pemetaan area sentra tanaman cabai rawit," kata Direktur Pengadaan Perum Bulog Tri Wahyudi di Jakarta, Senin (6/3).


Pemerintah Harus Menindak Tegas Pelaku Impor Cabai Iegal

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa langkah koordinasi ini juga penting untuk dilakukan guna menghimpun informasi penting terkait daerah atau tempat dimana tanaman cabai rawit petani yang sedang memasuki masa panen raya.

"Kita harus tahu cabai petani yang sudah mau dipanen dimana saja, kemudian langsung di serap", demikian katanya.

Ia berharap dengan adanya langkah pembelian cabai rawit oleh pihak Bulog tersebut, masalah tingginya harga cabai bisa segera  diatasi.

"Tujuannya kan untuk menjaga kondisi harga cabai rawit, jadi strategi yang dilakukan pemerintah saat ini adalah dengan melakukan langkah pembelian langsung ke lapangan dan menjualnya kepada konsumen," ujarnya lagi.

Rencananya pihak Bulog akan membeli cabai rawit petani dengan harga Rp30.000,00 - Rp40.000,00/kg dengan alokasi anggaran mencapai Rp20 miliar.

Jaga Kondisi Harga Cabai Rawit, Bulog Siap Borong Cabai Petani

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Nugrahenny Putri Untari