logo


Nasi Kebuli, Santapan Utama Raja Salman

Menu nasi kebuli sangat komplit menggunakan rempah-rempah seperti kayu manis, biji cengkih, biji pala, bunga pekak, kapulaga, serai, daun jeruk, dan banyak lagi.

4 Maret 2017 09:30 WIB

Nasi kebuli.
Nasi kebuli. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kuliner santapan Raja Salman dan rombongan untuk makan besar selama di Indonesia adalah menu spesial kombinasi Arab Saudi dan Indonesia. Nasi kebuli adalah yang utamanya. 

Nasi Kebuli merupakan makanan khas di Timur Tengah yang aslinya berasal dari Yaman dan juga populer di Indonesia, seperti di kalangan masyarakat Betawi dan keturunan Arab di Jakarta dan juga sebagian masih menjadi tradisi di masyarakat keturunan Arab di Tegal, Pekalongan, Malang dan Surabaya. 

Menggunakan beras dan daging kambing sebagai bahan utama. Pengolahan nasi kebuli juga menggunakan belasan macam rempah-rempah seperti kayu manis, biji cengkih, biji pala, bunga pekak, kapulaga, serai, daun jeruk, daun salam, santan, bawang putih, bawang merah, ketumbar, jintan, adas manis, kunyit, dan jahe yang memberikan sensasi hangat di tubuh. Selain itu juga ada pemikatnya, yaitu kismis, yoghurt dan minyak samin. 


Moment Jabatan Tangan Dinilai Sebagai Bentuk Pemihakan Raja Salman ke Ahok

Seiring berjalannya waktu, nasi kebuli terus mengalami modifikasi menggunakan daging ayam maupun sapi, sehingga menghasilkan variasi baru yang tidak menghilangkan cita rasa aslinya, tapi justru menambah keragaman. 

Pada masyarakat budaya Betawi, nasi kebuli biasa disajikan di perayaan agama Islam seperti saat bulan Ramadan, Maulid Nabi maupun hari raya Idul Fitri.

Kisah Istri-istri Raja Salman

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan,Yusran Edo Fauzi