logo


Kisah Istri-istri Raja Salman

Kisi-kisi kehidupan keluarga Kerajaan Arab Saudi pasti sesuatu yang wah untuk diketahui jagat raya. Raja Salman menikah tiga kali.

4 Maret 2017 05:15 WIB

Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz.
Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz. Ibtimes.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kedatangan Raja Salman ke Indonesia tanpa membawa istri -- menimbulkan pertanyaan ; seperti apa sosok istrinya. 

Raja Salman dianugerahi 13 anak dari tiga orang istri. Nah, berikut ini cerita istri-istri Raja Salman.
Istri pertama masih sepupu, sudah wafat   Dilansir dari Arab News, Sultanah bint Turki Al Sudairi adalah istri pertama sekaligus sepupu jauh Raja Salman. Mereka dianugerahi enam orang anak bernama Pangeran Fahd (lahir 1955 wafat 2001), Pangeran Sultan (lahir tahun 1956), Pangeran Ahmed (lahir 1958 wafat 2002), Pangeran Abdulaziz (lahir tahun 1960), Pangeran Faisal (lahir tahun 1970), dan Putri Hussa (lahir tahun 1974). 

Istri pertama ini dikenal sebagai seorang filantropis. Semasa hidupnya giat menyantuni sejumlah yayasan amal di bidang kesehatan. 


Inilah Calon Penerus Raja Salman, Si Ganteng Berjuluk ”Tuan Segalanya”

Punya perhatian besar kepada orang-orang yang tidak mampu dan berkebutuhan khusus. Bagi Raja Salman, peran Sultana bukan hanya istri tapi juga teman berbagi kala menolong orang yang kesusahan. 

Tuhan memanggilnya pulang di tahun 2011, Sultana wafat di usia 71 tahun setelah menderita sakit cukup lama. Kematian Sultana menjadi kehilangan terbesar bagi Raja Salman. Apalagi dua putranya, Pangeran Fahd dan Ahmad juga meninggal dunia karena serangan jantung. 

Dari Sultana, Raja Salman mendapat putra yang mendunia, yaitu Pangeran Sultan sebagai anggota kerajaan pertama yang terbang ke luar angkasa dengan pesawat Discovery pada Juni 1985. Pangeran Sultan juga merupakan Ketua Saudi Commission for Tourism and Antiques (SCTA). 

Selain Pangeran Sultan juga ada Abdul Aziz bin Salman yang menjadi Wakil Menteri Perminyakan sejak 1995. Sedangkan putranya yang satu lagi, yaitu Pangeran Faisal bin Salman terjun ke dunia politik dengan menjadi Gubernur Provinsi Madinah. 

Istri kedua membuahkan satu anak 

Istri keduanya, yaitu Sarah bint Faisal Al Subai’ai. Dari istri keduanya itu Raja Salman dikaruniai satu putra, yaitu Pangeran Saud. 

Istri ketiga

Pernikahan ketiga Raja Salman adalah dengan Falah bin Sultan Al Hithalayn yang kembali dianugerahi banyak anak, enam anak, semuanya lelaki, yaitu, Pangeran Mohammed, Pangeran Turki, Pangeran Khalid, Pangeran Nayif, Pangeran Bandar dan Pangeran Rakan. 

Pangeran Muhammed adalah penasehat pribadinya di Kementerian Pertahanan dan di Crown Prince Court. Sedangkan Pangeran Turki bin Salman menjadi Ketua Penelitian dan Marketing Group Arab Saudi sejak Februari 2013, menggantikan kakaknya almarhum Faisal bin Salman. 

Raja Salman menempati takhta setelah menggantikan saudara tirinya Raja Abdullah yang wafat di usia ke 90 tahun pada 2015.

Dalam kunjungan ke Indonesia Raja Salman juga membawa beberapa putranya yaitu Pangeran Ahmed, Pangeran Saud, Pangeran Mohammed, Pangeran Nayif dan Pangeran Rakan. 

Kisah Raja Salman Muda, Usia 28 Sudah Jadi Gubernur

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan,Yusran Edo Fauzi