logo


Inilah Calon Penerus Raja Salman, Si Ganteng Berjuluk ”Tuan Segalanya”

Putra mahkota calon pengganti Raja Salman ini masih muda, sudah pasti jet-set. Apa kah masih single?

4 Maret 2017 04:00 WIB

Pangeran Muhammad bin Salman
Pangeran Muhammad bin Salman independent.co.uk

ARAB SAUDI, JITUNEWS.COM -  Mungkin inilah pria yang cocok menjadi idola wanita single sejagat. Meski ujaran itu bombastis, namun masuk akal jika menilainya dari sisi semata duniawi. Ia adalah putra mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman, berusia 31 tahun, yang sudah memiliki kekuasaan luar biasa. 

Dilansir dari NDTV, April tahun lalu, putra Raja Salman ini menjadi salah satu orang paling berpengaruh di Arab Saudi. Pangeran Muhammad dipandang sebagai ikon atau tolak ukur bagi generasi muda di Kerajaan Saudi. 

Tampan, atletis, anak raja, wanita muda mana yang sanggup mengalihkan pandangan darinya. Ia juga dijuluki oleh para diplomat sebagai ”Tuan Segalanya.” Maksudnya, apa pun sepertinya ada pada dirinya. Pangeran Muhammad juga ikut dalam rombongan Raja Salman ke Indonesia saat ini. 


Wapres JK Akan Bertemu Raja Salman, Ini Agenda Khusus yang akan Dibahas

Tugas negara yang diembannya bertanggung jawab atas kebijakan ekonomi negara, lantaran posisi kuncinya di pemerintahan Kerajaan Arab Saudi sebagai ketua Dewan Urusan Ekonomi dan Pembangunan. Dewan tersebut didirikan tahun lalu untuk mengawasi ekonomi negara. Selain itu Pangeran Muhammad juga bertanggung jawab pada militer, karena jabatan rangkap sebagai Menteri Pertahanan. 

Sebagai menteri pertahanan, sang pangeran mempelopori intervensi militer kerajaan di Yaman, di mana Saudi memimpin koalisi setahun lalu. Koalisi tersebut meluncurkan serangan udara terhadap pemberontak yang mendukung Iran.

Karena punya pengaruh kuat pada rakyat Saudi, maka ”(Pangeran) Muhammad dengan sangat cepat mengumpulkan kekuasaan dan pengaruh luar biasa dengan sangat cepat, terlebih saat ayahnya naik takhta tahun lalu,” tutur Frederic Wehrey dari Carnegie Endowment for International Peace di Washington.

”Ia jelas sangat cerdas, di atas rata-rata pangeran lainnya," sambung Frederic Wehrey, tanpa merasa berlebihan memberikan penilaian itu. 

Pasalnya, Pangeran Muhammad juga pimpinan dari perusahaan minyak negara, yaitu Saudi Aramco.

Menikah, baginya hanya sekali

Sayangnya, lulusan hukum Universitas Raja Saud Riyadh ini sudah menikah. Wah bikin patah hati gadis-gadis yang kesengsem padanya. Di usianya yang masih muda, Muhammad sudah punya dua putra dan dua putri.

Namun prinsip yang menarik darinya, sang pangeran mengaku hanya ingin menikah sekali saja seumur hidup.

"Di Islam diperbolehkan menikah beberapa kali. Tapi saya hanya ingin sekali seumur hidup," tuturnya. 

Gubernur Bali Bangga Raja Salman Berlibur di Pulau Dewata: Bali Itu Ramah dan Toleran

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan,Yusran Edo Fauzi