logo


Di-bully Karena 'Hina' Habib Rizieq, Komedian Ini Minta Maaf di Depan Pengurus MUI

Cholil Nafis juga memberi pesan dan bimbingan kepada Uus.

3 Maret 2017 07:00 WIB

Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI, Cholil Nafis, dan Uus.
Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI, Cholil Nafis, dan Uus. facebook.com/cholil.nafis.1

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Beberapa waktu lalu, komedian Rizky Firdaus Wijaksana alias Uus, menghebohkan jagat media sosial lantaran menuliskan cuitan yang berbau 'hinaan' kepada Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab. 

“Emang Rizieq Ulama?*boooooom* Aku kira pulo doang yang gadung ternyata ulama juga”, tulis Uus, kala itu.

Sontak, Uus pun langsung mendapatkan kecaman dari netizen. Netizen menganggap lawakan pria berkepala plontos itu sama sekali tidak lucu dan memicu konflik baru terkait SARA.


Sebut Al Quran Diturunkan Nabi Muhammad, Adik Ahok Minta Maaf

Terkait cuitannya tersebut, hingga saat ini, media sosial Uus pun masih dipenuhi bully-an dari netizen. Merasa 'gerah' atas perlakuan yang diterimanya, Kamis (2/3) kemarin Uus pun menyambangi kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta Pusat.

Di sambut Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI, Cholil Nafis, Uus pun akhirnya meminta maaf kepada seluruh umat Islam. Ungkapan maaf Uus ini pun lantas diunggah oleh Cholil Nafis di Facebooknya.

"Tadi saya menerima Rizky Firdaus Wijaksana (Uus Komedian) di MUI. Ia meminta saran dan bimbingan berkenaan dg "Heboh Tweeter"-nya. Krn banyak umat dan masyarakat yg tersinggung sehingga opininya malah jadi fitnah. Uus meminta maaf kepada umat Islam, khususnya kepada Alim Ulama atas opininya," cerita Cholil Nafis di Facebook pribadinya.

Dalam video yang diunggah Cholil Nafis, Uus tampak mengenakan kemeja bermotif bunga-bunga duduk di sebelah salah satu anggota MUI tersebut. Dengan besar hati, Uus berharap permohonan maafnya ini bisa diterima publik.

"Assamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Saya Uus. Kali ini saya berada di MUI bertemu dengan Kiai Cholil Nafis. Dan beliau telah bersedia alhamdulillah membantu saya dalam tabayyun, untuk klarifikasi tentang kegaduhan-kegaduhan-kegaduhan di medsos kemarin," tukas Uus.

"Saya meminta maaf kepada seluruh umat Islam, yang merasa tersinggung. Tentang opini saya soal Islam yang damai, karena tidak semua Islam mendapat respons yang baik. Jadi saya meminta maaf," lanjut Uus.

Lebih jauh, Uus berharap upayanya tersebut bisa menjauhkan diri dari segala fitnah.

"Dan semoga tabayyun saya ini dengan Pak Cholil bisa menjauhi dari fitnah-fitnah yang mulai berdatangan. Terima kasih, Pak," ujarnya.

Kemudian, Cholil Nafis pun merespon permintaan maaf Uus tersebut.

"Saya pesankan bagi orang yang sudah minta maaf, kita harus memaafkan. Jadikanlah pelajaran-pelajaran itu ke depan yang yang lebih baik. Dan saya minta Kang Uus tulisan tweet-tweet yang sekiranya merugikan umat Islam dihapus saja, ya... Dan kalau ada umat Islam yang masih merasa dilukai, minta maaflah via medsos juga," ucap Cholil Nafis.

Cholil Nafis juga memberi pesan dan bimbingan kepada Uus. Saat itu, Uus pun setuju menghapus tweet yang dinilai melukai perasaan umat Islam dan mengubah metode kritiknya dengan cara yang lebih santun dan konstruktif.

"Saya meminta masyarakat mengakhiri polemik yg kurang produktif dan memaafkan Uus yg telah meminta maaf dan ia akan mengubah cara komunikasinya dg pola yg lebih baik., Juga akan menghindari bahasa yg bisa disalahpahami," tulis Cholil Nafis.

Komedian Ini Didepak dari Inbox dan OVJ Gara-gara 'Hina' Habib Rizieq?

Halaman: 
Penulis : Riana