logo


Cegah Kepunahan Orangutan Sumatera, Pemerintah Benahi Konservasi Alam di Aceh

Tripa Swimp adalah satu-satunya habitat yang tersisa di Sumatra.

2 Maret 2017 16:10 WIB

Orangutan Sumatera.
Orangutan Sumatera. lintas-sumatera.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) telah selesai meninjau pengkajian strategi lingkungan yang membahas pelestarian konservasi alam Tripa Swamp yang berlokasi di Aceh. 

Salah satu upaya pemerintah (untuk melestarikan konservasi alam) adalah memastikan agar setiap perencanaan pembangunan yang dilakukan mematuhi dokumen atau ketentuan yang berlaku. Dokumen tersebut akan memastikan bahwa segala bentuk pembangunan oleh pemerintah pusat dan daerah sesuai dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 23/2014 tentang pemerintahan daerah.

"Seluruh pihak diminta mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan dan memperbaiki kelestarian lingkungan serta sumber daya alam negara ini. (Keberadaan) Tripa Swamp sangatlah penting karena itu merupakan satu-satunya habitat yang masih tersisa di Sumatra," ucap Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian LHK, San Afri Awang, Rabu (01/03/2017), seperti dilansir thejakartapost.


Serunya Observasi Orangutan di Hutan Punggualas

Tripa Swamp sendiri diketahui sebagai salah satu habitat orang utan Sumatra yang kini semakin terancam keberadaannya. Tripa Swamp terletak di Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) yang juga merupakan situs warisan dunia UNESCO.

Sambut Hari Bumi Sedunia, 12 Orangutan Akan Dilepasliarkan ke Hutan

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari