logo


Pemerintah Bantah Keluarkan Izin Impor Cabai Segar

Sampai saat ini pemerintah belum membuka opsi untuk melakukan langkah impor cabai untuk mengatasi lonjakan harga.

2 Maret 2017 13:50 WIB

Cabai merah.
Cabai merah. JITUNEWS/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Jenderal Perdagangan luar negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan mengatakan bahwa sampai saat ini pihaknya tidak pernah mengeluarkan izin impor cabai segar.

“Saya belum menandatangani izin persetujuan impor cabai segar ke dalam negeri,” demikian kata Direktur Jenderal Perdagangan luar negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan di Jakarta, Kamis (2/3).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kalau saat ini adanya kabar sedang ada cabai segar impor yang beredar di pasar, ia menegaskan bahwa cabai segar impor tersebut masuk dan beredar tanpa seizin dari Kementerian Perdagangan.


Februari – Mei Stok Cabai Bertambah

“Cabai impor tersebut masuk tanpa seizin pemerintah,” demikian katanya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebutkan bahwa sampai saat ini pemerintah belum membuka opsi untuk melakukan langkah impor cabai untuk mengatasi lonjakan harga. Menurutnya, kalau saat ini ada cabai impor di pasar maka kondisi tersebut tidak melalui prosedur yang benar.

Ia kemudian menegaskan bahwa sampai saat ini kasus penyelundupan barang pangan ilegal masih terus terjadi, termasuk di antaranya cabai impor ilegal yang saat ini sedang marak di pasar tradisional. Menurut Jusuf Kalla, kondisi wilayah RI yang didominasi oleh wilayah pantai memberi dampak buruk pada mudahnya barang ilegal masuk ke tanah air.

“Banyak jalur-jalur tikus yang membuat barang pangan ilegal dengan mudah masuk ke tanah air,” katanya.

Sampai saat ini cabai impor ilegal tersebut baru ditemukan di beberapa pasar di pasar Tulung Agung Jawa Timur.

Omzet Pedagang Cabai Turun Hingga 40Persen

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan