logo


Patungan Beli Damkar Khusus, Djarot Berniat Kumpulkan Pemilik Gedung Tinggi

Menurut Djarot, saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hanya memiliki mobil damkar dengan fasilitas yang baru menjangkau ketinggian gedung 95 meter.

1 Maret 2017 13:43 WIB

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat.
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat. JITUNEWS/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketersediaan mobil pemadam kebakaran (damkar) khusus untuk gedung-gedung tinggi dianggap masih sangat minim. Menanggapi kondisi tersebut Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat berencana akan membeli mobil damkar dari hasil patungan perusahaan.

Djarot menjelaskan, dirinya berniat untuk mengumpulkan seluruh pemilik perusahaan yang berkantor di gedung-gedung tinggi. Nantinya setiap pemilik perusahaan diwajibkan menyumbangkan sejumlah uang sebagai dana patungan guna membeli mobil damkar dengan fasilitas yang menjangkau gedung-gedung tinggi.

"Kita akan kumpulkan pengusaha yang punya gedung tinggi. Berapa harganya, kamu gotong royong patungan. Patungan dong untuk keselamatan kamu sendiri. terutama untuk gedung gedung tinggi," ungkap Djarot usai menghadiri Upacara Hari Ulang Tahun Damkar ke-98 di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Rabu (1/3).


Kenang Kepergian Pramono Edhi, Riza Patria: Beliau Sangat NKRI

Djarot mengaku, ke depan Jakarta akan memiliki setidaknya 3 unit mobil damkar khusus di siapkan untuk bersiaga di beberapa kawasan padat perkantoran.

"Minimal satu kota kawasan kaya SCBD itu satu mobil nongkrong situ. Kawasan Thamrin, Sudirman itu satu. Tiga cukup. Untuk menjamin bahwa gedung gedung kita ini juga dijamin alat alat, kalau ada kejadian apapun kita siap," ujar Djarot.

Menurut Djarot, saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hanya memiliki mobil damkar dengan fasilitas yang baru menjangkau ketinggian gedung 95 meter. Sementara diakui Djarot, gedung-gedung di Jakarta masih banyak yang memiliki tinggi lebih dari itu.

"Kami nanti akan beli lagi. Tadi kan mobil sampai 95meter, kita mau sampai 120meter. Kita punya satu untuk 95meter dan sudah kita coba untuk kebakaran di Thamrin. Makanya kita tambah lagi dengan sampai 120 meter sehingga bisa menjangkau ketinggian sampai ya 25 tingkat," ujarnya.

Beri Penjelasan Soal Reklamasi Ancol, Pemprov DKI: Ini untuk Kepentingan Publik

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Syukron Fadillah
 
×
×