logo


Tahapan Mudah Mengecat Rumah Sendiri

Langkah yang paling mudah untuk mengganti suasana ruang dan rumah ialah dengan mengganti warna pada cat dinding.

1 Maret 2017 09:37 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Shorewest

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Langkah yang paling mudah untuk mengganti suasana ruang dan rumah ialah dengan mengganti warna pada cat dinding.

Tetapi, untuk mengecat ulang rumah, kita pasti sering menyerah terlebih dulu, karena terbayang tahapan mengecat rumah dan besaran biaya yang harus Anda keluarkan untuk membayar jasa tukang.

Sebenarnya, jika hanya mengecat ulang ruangan, Anda bisa melakukannya sendiri. Mengecat ruangan bukan menjadi hal yang merepotkan, karena selain Anda dapat mengecat sesuai dengan selera, Anda juga akan menghemat biaya tukang. Ada beberapa panduan sebelum Anda mengecat ruangan sendiri.


L-Men Awards, Apresiasi Pria Inspiratif yang Bergaya Hidup Sehat

Menyiapkan alat pengecatan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk memulai proses pengecatan ialah melakukan persiapan alat. Alat yang digunakan untuk mengecat seperti koran, lakban, amplas, kuas, kaleng air, dempul, roller, bak cat. Persiapkan dengan baik berbagai macam alat ini sehingga ketika Anda bekerja, Anda tidak akan kerepotan untuk mencari atau membuang waktu lebih lama.

Membersihkan dinding

Dinding yang dicat harus Anda bersihkan terlebih dulu dari debu. Tujuan pembersihan dinding agar bisa menghasilkan permukaan dinding yang rata dan halus. Anda bisa membersihkan dinding dengan menggunakan penyedot debu dan sapu. Bagaimana jika menemukan noda yang tebal di dinding? Bila Anda menemukan noda yang tebal ini, bersihkan segera dengan menggunakan air dan campuran deterjen.

Tutup seluruh bagian yang tidak dicat

Agar bagian lain tidak terkena kotoran, tutup bagian ruangan yang tidak akan Anda cat. Bagian-bagian ini seperti gagang pintu, bingkai jendela, plafon. Penutupan bisa dilakukan dengan menggunakan lakban. Sementara, barang lain yang ada di area pengecatan dapat di tutup menggunakan koran agar tidak mengenai cipratan cat.

Aduk cat sebelum menggunakannya

Sebelum menggunakan cat, Anda harus mengaduknya terlebih dahulu agar cat tidak menggumpal dan menghasilkan warna yang kurang optimal. Pengadukan bisa dilakukan dalam waktu 5 menit. Campur cat dengan sedikit air.

Ratakan dinding

Bila Anda menemukan retakan di dinding, tutup retakan dengan menggunakan dempul terlebih dulu. Ratakan dempul dengan amplas sehingga lebih halus, jangan lupa oleskan primer cat sebelum melakukan pengecatan sehingga hasil akan menjadi lebih mengkilap.

(Rumahku.com)

 

Kisah Raja Salman Muda, Usia 28 Sudah Jadi Gubernur

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan