logo


Omzet Jutaan Rupiah dari Produksi Mebel

Pembuat mebel dari Desa Andong mampu meraih omzet hingga jutaan rupiah setiap bulannya

28 Februari 2017 14:29 WIB

Jajanan Khas Boyolali, Mentho
Jajanan Khas Boyolali, Mentho dok. pribadi

Boyolali, JITUNEWS.COM - Masyarakat yang tinggal di daerah desa pada umumnya cenderung menggantungkan hidupnya pada sekor pertanian.

Seiring perkembangan zaman masyarakat desa semakin kreatif dengan munculnya banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis industri kreatif yang bergerak di berbagai bidang berbasis pedesaan. Desa Andong Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali memiliki berbagai sentra home industry. Desa yang terletak di kabupaten Boyolali sebelah timur ini memiliki sentra industri dalam bidang mebel.

Toriqul Anam warga desa Andong, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali ini mengatakan mampu meriah omzet hingga jutaan rupiah. Dia mampu menyelesaikan produk produk mebel seperti pintu, kursi dan lemari dalam waktu yang relatif sangat cepat yaitu antara satu hingga tiga hari tanpa dibantu seorang karyawan.


Anyaman Desa Andong: Tua Namun Tidak Tergerus Zaman

"Saya mengerjakan home industry ini sendiri tanpa dibantu karyawan, meskipun begitu saya dapat menyelesaikanya dalam waktu yang relatif cepat yaitu antara 1 hingga 3 hari saja tergantung kesulitan model permintaan konsumen,"  ucapnya saat ditemui JITUNEWS.COM (23/02/2017).

"Untuk produk saya, memiliki harga jual yang berbeda-beda. Untuk pintu harganya mulai 1.250.000, untuk kursi 750.000 dan Almari 3.000.000. Pernah sesekali jika musim ramai omsetnya mencapai 40 juta rupiah namun kalau lagi musim tanam biasanya saya sepi order dan juga kalau musim hujan biasanya bahan baku agak sulit didapat". ucapnya

Toriqul mengatakan dalam proses produksi, ia menggunakan tiga jenis kayu yaitu kayu jati, kayu akasia dan kayu mahoni tergantung permintaan konsumen.

Santai dan Murah Senyum untuk Wujudkan Desa yang Maju dan Sejahtera

Halaman: 
Penulis : Rofiq Hudawiy, Ellectrananda Anugerah Ash-shidiqq