logo


Panglima Pastikan TNI Akan Mengawal Langkah Serapan Gabah Petani

Gatot menegaskan bahwa TNI akan siap dan terus menjaga kestabilan harga gabah di tingkat petani.

27 Februari 2017 15:31 WIB

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Ade Supandi memberikan keterangan kepada awak media usai mengikuti Rapim TNI tahun 2017 di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Kamis (19/1).
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Ade Supandi memberikan keterangan kepada awak media usai mengikuti Rapim TNI tahun 2017 di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Kamis (19/1). Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmatyo mengatakan bahwa TNI akan mengawal langkah pemerintah dalam melakukan pembelian gabah pada tingkat petani. Aktifnya TNI dalam mengawal langkah serapan gabah seiring dengan kuatnya komitmen pemerintah untuk lebih gencar dalam melakukan langkah serapan gabah.

Gatot menegaskan bahwa TNI akan siap dan terus menjaga kestabilan harga gabah di tingkat petani. Untuk diketahui, saat ini harga gabah terus mengalami penurunan yang sangat signifikan, harga normal serapan gabah mencapai Rp 3.700/kg dan sampai saat ini turun hingga Rp 2.800/kg.

"Kasihan petani yang telah bersusah payah menanam padi, kalau harga yang dite?ima Rp. 2800. Saya minta Kodim agar membeli gabah langsung dari petani dan bila perlu disimpan di Kodim kalau gak ada tempat penampungan lagi," kata Gatot Nurmatyo seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Jitunews.com, Senin (27/2).


Berapa Harga Pupuk Bersubsidi di Tahun 2017?

Sementara itu Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono menegaskan bahwa TNI berkomitmen penuh untuk terus melakukan pendampingan dan pengawalan program swasembada pangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. TNI akan menindak dengan tegas pihak-pihak yang bermain-main dalam pengadaan pupuk dan benih.

“Kami sebagai TNI hanya mendampingi terkait swasembada pangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. TNI akan senantiasa mendampingi, mengawasi makanya kalau ada yang bermain-main dengan pengadaan pupuk, benih kami tangkap. Komitmen TNI tetap melakukan pendampingan dan pengawalan. Kita kawal dan awasi bersama-sama,” tegas Mulyono.

Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono berharap, dengan adanya langkah cepat dari pemerintah dalam melakukan serapan gabah dan pendampingan yang dilakukan oleh TNI, harga gabah di tingkat petani dapat kembali terangkat sehingga kesejahteraan para petani bisa tetap terjaga.

Turunnya harga gabah di tingkat petani saat ini lebih dikarenakan iklim yang sangat ekstrim, curah hujan yang cukup tinggi memberi dampak besar pada tingginya kadar air pada gabah hasil panen petani.

Roy Suryo: Terima Kasih Pak Presiden Jokowi

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan