logo


Raup Jutaan Rupiah dari Lele

Pembudiaya lele di desa Andong mampu meraup jutaan rupiah setiap kali panen dari hasil budidaya lele

27 Februari 2017 15:19 WIB

Budidaya Lele di Desa Andong, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali
Budidaya Lele di Desa Andong, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali Rofiq Hudawiy

Boyolali, Jitunews.com -  Lele merupakan salah satu jenis ikan yang menjadi komoditas budidaya yang menjanjikan. Ikan lele selain terkenal sebagai jenis ikan yang mudah untuk dibudidayakan, lele juga merupakan komoditas yang dapat menghasilkan keuntungan besar untuk pembudidayanya.

Sumarno adalah salah satu pembudidaya lele di Desa Andong, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali. Budidaya lele dilakukan dalam kolam yang relatif kecil yakni berukuran 2x4 meter namun  dapat menghasilkan 1 kuintal lele tiap kali panenya.  

"Setiap kolam berukuran sekitar 2X4 meter seperti ini,  saya mengisi bibit lele berukuran 3 cm sejumlah 1500 bibit yang setelah tiga bulan menghasilkan sekitar hampir 1 kuiintal saat panenya". Ucap Sumarno  saat ditemui Jitunews.com di kolam lele miliknya (23/02/2017).


Cara Jitu Legisan Menaikan 'Kasta' Ikan Lele


Dia mengatakan usaha budidaya lele terbilang mudah apabila dibandingakan dengan budidaya ikan lainnya. Dia menjelaskan, cukup dengan memberikan makan secara teratur tiga kali sehari dan memberikan vitamin, lele akan tumbuh dan berkembang dengan baik hingga masa panen tiba.

Curah hujan yang cukup tinggi mengkhawatirkan  pembudidaya lele di desa ini karena dapat menyebabkan banyaknya ikan yang mati. "Ya,  kalau sering hujan seperti ini biasanya lele ada yang mati namun jika musim kemarau biasanya lele cenderung tahan dan kuat. Dalam sekali pembudidayaan hingga panen, setiap kolam menghabiskan sekitar 95 kilogram pakan ikan," ucapnya.

Sumarno mengatakan bahwa kendala utama pembudidaya lele selama ini adalah pemasaran karena sementara ikan hasil budidayanya hanya dapat menjangkau pasar lokal Boyolali saja. Dia berharap lele produksinya dapat dipasarkan lebih jauh lagi ke kabupaten lain bahkan provinsi lain.


"Kendala kami selama ini ada pada pemasaran, jika memungkinkan dapat dipasarkan lebih luas lagi sehingga harganya bisa lebih tinggi dan tentu lebih menguntungkan bagi pembudidaya lele disini.  Kami juga berharap pemerintah ataupun instansi terkait dapat memberikan bantuan untuk kami dalam hal kolam dan pakan agar pembudidaya lele disini semakin sejahtera," tutupnya.

Produksi Ikan Lele Indonesia Tembus Pasar Dunia

Halaman: 
Penulis : Rofiq Hudawiy, Ellectrananda Anugerah Ash-shidiqq