logo


Hasto: Hasil Pilkada 2017 Perluas Basis Pemilih PDIP

Dari 54 daerah, kader PDIP yang berhasil menduduki jabatan sebagai kepala daerah sebanyak 24 orang.

26 Februari 2017 14:58 WIB

Gedung DPP PDIP.
Gedung DPP PDIP. JITUNEWS/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristianto mengatakan, meski PDIP dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2017 hanya bermodalkan 26 persen namun nyatanya dapat memenangkan 54 daerah.

"Berkat proses kelembagaan yang semakin sistemik seperti sekolah para calon kepala daerah, dan gotong royong kader Partai, akhirnya pilkada serentak 2017 bisa dimenangkan di 54 daerah dari 101 daerah," ujarnya di Jakarta, Minggu (26/2).

Menurutnya, dari 54 daerah, kader PDIP yang berhasil menduduki jabatan sebagai kepala daerah sebanyak 24 orang dan sebagai wakil kepala daerah sebanyak 26 daerah.


Alasan Relawan Jokowi Gelar Nusantara Bersatu di GBK: Asal Rakyat Senang

"Dengan demikian total kader sendiri sebanyak 50 orang," tuturnya.

Menurut Hasto, hal ini telah menambah kemenangan pilkada serentak tahun 2015 dimana PDIP berhasil mendudukkan kadernya sebanyak 197 kader Partai (105 kepala daerah dan 92 wakil kepala daerah). Oleh karena itu PDI Perjuangan akan terus bertekad menyempurnakan proses kaderisasi kepemimpinan.

"Hal yang menggembirakan bahwa kader Partai yang berhasil tersebut telah melalui sekolah para calon kepala dan wakil kepala daerah," jelasnya.

Hasto menjelaskan bahwa hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di 101 daerah kabupaten/kota seluruh Indonesia telah memperluas basis pemilih PDI Perjuangan dengan menyapu bersih kemenangan di pilkada Papua Barat dan menang di enam pilkada Aceh dimaknai sebagai pengejawantahan sikap PDI Perjuangan yang kokoh berdiri di atas Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Kebhinekaan Indonesia.

"Kemenangan di seluruh pilkada Papua Barat dan kemenangan di Aceh dimana untuk pertama kalinya PDI Perjuangan berhasil mendudukkan kadernya sebagai bupati di tiga kabupaten, mendukung dua calon bupati dan menjadi mendukung aktif gubernur dan wagub terpilih Provinsi Aceh sangatlah menggembirakan," tutupnya.

Jokowi Disebut Masuk Fase 'Bebek Lumpuh', PDIP: Jangan-jangan Andi Arief yang Pikirannya Lumpuh

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Syukron Fadillah