logo


Selain Normalisasi, Ahok Juga Ingin Beli Lahan Daerah Penyangga Jadi Resapan

Upaya ini dimaksudkan untuk mengurangi kiriman air dari daerah-daerah penyangga ke Jakarta. Konsep resapan air yang dimaksud menurut Ahok berupa tampungan air atau embung-embung.

23 Februari 2017 15:47 WIB

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyalami warga saat peresmian RPTRA Baung, Kebagusan, Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2017).
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyalami warga saat peresmian RPTRA Baung, Kebagusan, Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2017). Jitunews/Citra Fitri Mardiana

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tak hanya fokus pada program normalisasi sungai, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berencana akan bekerja sama dengan sejumlah daerah penyangga untuk membuat daerah resapan air.

Upaya ini dimaksudkan untuk mengurangi kiriman air dari daerah-daerah penyangga ke Jakarta. Konsep resapan air yang dimaksud menurut Ahok berupa tampungan air atau embung-embung.

Guna terwujudnya rencana tersebut, dirinya berniat untuk membeli lahan di sejumlah daerah penyangga tersebut, termasuk Bekasi dan Ciawi, Bogor. Ahok menjelaskan, sumber pendanaan untuk program tersebut akan berasal dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta.


Ahok Resmikan RPTRA Kalijodo

"Ciawi kita mau beli (lahan). Termasuk kita bantu Bekasi mau buat tampungan di atas bukit, kerja sama dengan Bogor. Kan ada temen-temen di pinggir daerah Jakarta ini, masukan saja anggarannya, kita bisa berikan bantuan," ungkap Ahok saat dijumpai di Kantor Balai Kota Jakarta, Kamis (23/2).

Tak hanya itu, Ahok juga menyebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah berencana memperbanyak pembelian alat berat, untuk meningkatkan kewaspadaan dalam penanganan banjir. Di sisi lain, Ahok mengaku ketersediaan alat berat juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan daerah-daerah penyangga lain yang memerlukan.

"Kita juga mau beli alat berat yang banyak, supaya kita juga bisa bantu daerah penyangga," ujarnya.

Seperti diketahui, proyek normalisasi sungai pertama kali menyasar Sungai Ciliwung yang di lakukan sejak 2012. Kini normalisasi juga berlanjut pada sungai-sungai lain di Jakarta, seperti Sungai Sunter, Sungai Pesanggrahan, dan Sungai Angke.

"Saya Bemperi Pak Jokowi, Bukan Ahok"

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Vicky Anggriawan