logo


Varietas Benih Rakitan Indonesia Memiliki Kualitas Hasil Yang Unggul

Tidak ada alasan bagi pemerintah untuk melakukan langkah impor benih dari luar negeri apalagi resiko yang menyertainya cukup besar.

21 Februari 2017 11:32 WIB

Petani menanam benih padi.
Petani menanam benih padi. Reuters

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Umum Gerakan Petani Nusantara (GNP), Herman Triwidodo, mengatakan bahwa varietas benih hasil racikan petani dan peneliti yang ada di Indonesia memiliki kualitas yang sangat unggul, baik dari sisi tingkatan produksi maupun dari ketahanan terhadap sejumlah hama dan penyakit.

“Produksi benih lokal kita saat ini memiliki kualitas yang unggul, baik dari segi peningkatan produksi maupun ketahanan terhadap sejumlah hama penyakit,” demikian kata Herman Triwidodo saat dihubungi Jitunews.com, Selasa (21/2).

Lebih lanjut, Herman mengatakan pada saat ini banyak varietas benih yang di hasilkan dan memiliki keunggulan tertentu. “Kita punya banyak jenis benih lokal yang sudah teruji dan terbukti tahan dan bahkan bebas penyakit, produksinya juga cukup baik,” demikian katanya.

Menurutnya dengan melihat potensi varietas benih yang dihasilkan oleh petani dan peneliti dalam negeri saat ini, sebenarnya tidak ada alasan bagi pemerintah untuk melakukan langkah impor benih dari luar negeri apalagi resiko yang menyertainya cukup besar.

Ia menegaskan bahwa dengan potensi yang ada, menurutnya pemerintah tinggal memfasilitasi petani dan peneliti yang ada untuk semakin gencar dalam memproduksi benih unggul, sehingga ketergantungan impor benih terus berkurang.

Karena banyak fakta di lapangan menujukan makin tingginya langkah impor benih, makin maraknya penyakit tanaman pangan baru.

Bulog Siap Jaga Kondisi Harga Gabah Petani

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Marselinus Gunas