logo


Makanlah Buah Ini Tanpa Perlu Dikupas, Rasakan Manfaatnya!

Kandungan antioksidan dari kulit apel dapat membantu memerangi penyakit Alzheimer dan masalah degeneratif lainnya.

20 Februari 2017 07:30 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bercita rasa lezat nan segar hingga memiliki manfaat sehat bagi tubuh merupakan salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh buah-buahan. Dan pastinya, banyak orang yang menyukai buah-buahan. Namun, apakah cara kita memakan buah selama ini sudah tepat?

Ya, beberapa buah mungkin akan kehilangan gizi mereka ketika dikupas. Nah, berikut daftar beberapa buah yang tak perlu dikupas saat dikonsumsi yang dilansir Times of India.

1. Apel


Tips Jitu Bikin Buah Beku

Siapa yang tak kenal Apel, buah satu ini terkenal sebagai buah favorit banyak orang. Tidak banyak di antara kita yang menyadari bahwa apel sebaiknya dikonsumsi dengan kulitnya. Pasalnya, kandungan antioksidan dari kulit apel dapat membantu memerangi penyakit Alzheimer dan masalah degeneratif lainnya.

Kulit apel juga mengandung sebagian besar serat dan vitamin yang penting untuk kesehatan kita. Tak hanya itu, kulit apel mengandung senyawa yang disebut triterpenoid yang menurunkan risiko kanker.

2. Pir

Kebanyakan orang jika mengkonsumsi buah pir pasti mengupas kulitnya. Mulai sekarang, stop mengupas kulit buah pir ya! Sebab, jika mengupas kulit buah pir saat memakannya, Anda akan kehilangan serat dan nutrisi buah manis ini.

Kulit buah pir penuh dengan nutrisi berharga dan memegang setengah serat makanan. Kulitnya juga mengandung antioksidan dan anti-inflamasi fitonutrien, sehingga cara terbaik untuk mengkonsumsi buah pir adalah tidak mengupas kulitnya.

3. Plum

Tahukah Anda, kulit buah plum ternyata mengandung antioksidan yang disebut asam chlorogenic dan juga merupakan sumber vitamin C lho. So, mulai sekarang stop mengupas kulit buah ini ya! Pasalnya, buah plum sangat bagus untuk menghilangkan sembelit dan masalah pencernaan bila dimakan dengan kulitnya.

4. Kiwi

Biasanya kita selalu mengupas kulit buah kiwi saat akan memakannya. Padahal, kulit kiwi membuat buah padat nutrisi ini lebih bergizi. Anda bisa mendapatkan tiga kali lipat asupan serat jika makan buah kiwi dengan kulit. Tak hanya itu, kulit kiwi juga memiliki lebih banyak kandungan vitamin C.

5. Mangga

Nah, satu lagi buah yang selalu kita kupas ketika akan dimakan, dialah mangga. Dan ternyata, jika kita mengupas kulit mangga saat akan dimakan itu rugi lho! Kenapa? Karena kulit mangga mengandung sifat pembakaran lemak dan mengurangi produksi sel-sel lemak.

Selain itu, kulit mangga juga mengandung karotenoid, polifenol, omega-3, omega-6 dan asam lemak tak jenuh ganda yang membantu memerangi kanker, diabetes dan penyakit jantung. Wow! Nah, mulai sekarang cobalah Anda memakan kulit mangga bersama dengan buahnya secara mentah atau memasaknya. Cara lain yang lebih mudah untuk memakan mangga adalah menjadikan daging dan kulit mangga sebagai acar.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Pemerintah Diminta Jaga Ketersediaan Buah Lokal Layak Konsumsi

Halaman: 
Penulis : Riana