logo


Chappy Hakim Mundur dari Freeport, DPR Bilang Begini..

Satya mengaku belum mengetahui alasan kenapa Chappy mundur dari perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu.

20 Februari 2017 04:30 WIB

Wakil Ketua Komisi I DPR, Satya Yudha
Wakil Ketua Komisi I DPR, Satya Yudha Dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Perusahaan tambang PT Freeport Indonesia secara resmi mengumumkan perubahan manajemennya, Sabtu (18/2).

Dalam strukur manajemen baru, disebutkan Chappy Hakim, Presiden Direktur PTFI saat ini dinyatakan mengundurkan diri dari jabatannya. Chappy kemudian disebut Chappy akan kembali menempati posisinya semula, yakni sebagai penasihat perusahaan.

Pengunduran diri Chappy Hakim tersebut sontak membuat beberapa pihak kaget, tak terkecuali bagi Wakil Ketua Komisi VII DPR Satya Yudha. Namun hingga saat ini, Satya mengaku belum mengetahui alasan kenapa Chappy mundur dari perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu.


Dalam Kuliah Umum, Chappy Hakim: Wilayah Tambang Freeport Tersulit di Dunia

"Kami sampai ini masih menunggu, apa yang membuat Chappy ini mundur," ungkap Satya di gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Minggu (19/2).

Saat ditanya apakah pengunduran diri Chappy terkait dengan 'konfliknya' dengan Anggota Komisi VII, Mukhtar Tompo, Satya menanggapinya begini.

"Kalau terkait insiden itu, saya tidak bisa menilai itu ada aspek politis atau tidak. Toh, beliau masih di Freeport, hanya di dewan penasehat," beber Satya.

Lebih jauh, Satya pun berharap pengganti Chappy Hakim nantinya akan mampu meyakinkan Freeport McMoran bahwa peraturan yang dibuat pemerintah Indonesia demi menjaga situasi investasi.

"Siapa pun yang duduk di dalam industri multi nasional yang strategis harusnya putra Indonesia yang mampu meyakinkan kantor pusatnya," pungkas Satya.

Presdir Freeport Minta Maaf Soal Insiden di Komisi VII DPR

Halaman: 
Penulis : Riana