logo


Pasar Klewer Siap Digunakan, Pedagang Tak Perlu Sewa Kios

Dijadwalkan pada awal bulan Maret 2017 para pedagang Pasar Klewer sudah bisa menempati bangunan pasar yang telah selesai 100% direvitalisasi setelah terbakar pada tahun 2014 lalu.

18 Februari 2017 18:01 WIB

Pasar Klewer
Pasar Klewer Dok. Joglosemar

SOLO, JITUNEWS.COM - Dijadwalkan pada awal bulan Maret 2017 para pedagang Pasar Klewer sudah bisa menempati bangunan pasar yang telah selesai 100% direvitalisasi setelah terbakar pada tahun 2014 lalu. 

Berdasarkan data yang diperoleh dari Himpunan Pedagang Pasar Klewer(HPPK), hingga pertengahan Februari sebanyak 1.532 pedagang telah menyelesaikan persyaratan administrasi mereka untuk nantinya menempati kios masing-masing.

"Para pedagang nantinya di sini tidak perlu bayar sewa kios karena memang sistem kita bukan sewa menyewa kios. Berdasarkan perda yang berlaku yaitu Perda nomor 4 tahun 2011 maka pedagang yang mempunyai SHP (Surat Hak Penempatan) otomatis nantinya berhak menggunakan kios tersebut dengan status HGB(hak Guna bangunan)," ucap Kusbani Selaku Humas HPPK (Himpunan Pedagang Pasar Klewer) di kantornya, Sabtu (18/2).


Bahas Penempatan Pasca Pembangunan, Ribuan Pedagang Klewer Diundang ke Balai Kota Solo

Kusbani mengatakan bahwa hampir 99% yang nantinya akan menempati pasar Klewer adalah pedagang lama yang dulu direlokasi untuk sementara waktu di pasar darurat, sisanya sebanyak 76 unit akan ditempati pedagang baru.

"Mayoritas pedagan lama, dari data kami hanya 76 SHP saja kemarin yang mengalami proses balik nama. Nantinya kami akan kumpulkan pedagang untuk memusyawarahkan peraturan-peraturan teknis seperti jam buka dan jam tutup agar dapat disepakati dan dijalankan bersama demi tertibnya pasar Klewer ke depanya," pungkasnya.

Terancam Molor, Wali Kota Solo Sidak Pembangunan Pasar Klewer

Halaman: 
Penulis : Rofiq Hudawiy, Vicky Anggriawan