logo


OJK Resmikan Lembaga Keuangan Mikro

Lembaga Keuangan Mikro yang di resmikan OJK merupakan 70% dari seluruh total LKN

18 Februari 2017 14:52 WIB

Ilustrasi OJK.
Ilustrasi OJK. ANTARA FOTO

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Otoritas Jasa Keuangan Regional 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat penerbitan izin kepada 91 lembaga keuangan mikro (LKM) selama 2016. Pemberian izin tersebut merupakan 70%  lembaga keuangan mikro (LKM) dari jumlah total 129 secara nasional.

Kepala OJK Jateng-DIY Moch Ihsanuddin, mengatakan pertumbuhan ekonomi di wilayah Regional 3 tidak lepas dari perkembangan sektor jasa keuangan khususnya di Jateng yang mengalami peningkatan 9,67%.

 “Pendorong sektor jasa keuangan termasuk lembaga keuangan mikro (LKM), di mana telah mencapai aset Rp114,08 miliar dari total sebanyak 91 LKM yang diberi izin,” katanya di sela-sela peresmian Kantor OJK sekaligus Pertemuan Pelaku Industri Jasa Keuangan di Semarang, Jumat (17/2/2017).


Bank Penyalur KUR Akan Bertambah

OJK mengapresiasi Pemerintah Provinsi Jateng atas kerja sama mendorong tumbuhnya LKM baru di sejumlah daerah yang mendukung pertumbuhan industri keuangan nonbank (IKNB) di wilayah setempat.

“Selain pengukuhan 91 LKM, OJK mencatat industri keuangan nonbank di Jawa Tengah menunjukkan pertumbuhan 12,6% pada aset dana pensiun, piutang pembiayaan menurun 6,81%, dengan non performing financing 1,18%,” ungkapnya.

Ihsan juga menyatakan indeks literasi keuangan Jateng meningkat menjadi 33,51% pada 2016 dari 19,25% pada 2013.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berharap OJK Regional 3 bisa membuka jalur informasi kepada masyarakat untuk mengenalkan produk jasa keuangan serta mengurangi informasi sesat khususnya dalam berinvestasi. Menurutnya, OJK juga butuh memopulerkan kinerja beserta produknya, sehingga dari kalangan masyarakat tidak mudah tergiur investasi abal-abal yang banyak tumbuh dan tidak terjangkau pengawasan.

JCM Sebagai Bentuk Kerjasama Antara Indonesia-Jepang Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Halaman: 
Penulis : Ellectrananda Anugerah Ash-shidiqq