logo


Cara Jitu Melawan Vertigo

Vertigo adalah gangguan serius pada syaraf antara telinga dengan otak. Buat yang pernah kena vertigo hindari mengemudikan kendaraan dalam keadaan lelah bisa tiba-tiba tertidur.

18 Februari 2017 08:00 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS – Beberapa orang pernah menceritakan pengalaman yang sama kepada redaksi Jitunews ; yaitu mengemudi di saat kondisi tubuh sedang lelah -- lalu sekejap kehilangan tenaga cadangan atau dalam istilah masyarakat kehilangan ”tenaga dalam.” Maka terjadi lah masalah fatal. 

Kendati kelelahan yang dialaminya adalah keseharian atau rutin terjadi hampir setiap hari. Namun ada waktunya penyakit vertigo akhirnya menyerang tiba-tiba saat mengemudikan kendaraan. 
Kelelahan yang tadinya dianggap biasa akhirnya berubah menjadi musibah ; sang pengemudi kendaraan tiba-tiba tertidur dalam keadaan mesin sedang berjalan. 

Fauzi, satu di antara yang mengalami seperti itu. Ia pernah bekerja sebagai produser beberapa program acara televisi yang jam kerjanya terbalik dari umumnya manusia. Ia mulai bekerja dengan kecepatan tinggi pukul 19.00 hingga subuh pukul 05.00, agar program acara yang dibidaninya bisa tayang di televisi mulai pukul 07.00. Dalam satu minggu hanya punya jatah libur satu hari. Ia juga bekerja di ruangan ber-AC tanpa ventilasi, kecuali jika pintu dibuka. Dari durasi kerjanya itu hanya lima sampai tujuh kali keluar ruang kerja dan menghirup oksigen di ruang terbuka sekitar lima menit. 


Gula Kayu Jadi Solusi Atas Asupan Gula Berlebih pada Masyarakat

Bertahun-tahun begitu kehidupannya -- pada suatu siang ia mengendarai sepeda motor melintasi Jalan Raya Bogor di daerah Cimanggis, Depok, Jawa Barat, di tengah terik matahari dan lalu lintas agak macet yang menyemburkan polutan asap dari knalpot membuatnya terasa tiba-tiba melayang hilang ingatan dan begitu tersadar dirinya sudah masuk ke dalam solokan air bersama motornya. Hal itu terulang kembali beberapa menit kemudian setelah mengguyurkan air di kepala dan wajahnya lalu mengemudikan kembali motornya dan masuk lagi ke saluran air di tepi jalan. Warga yang mengaku menyaksikannya jadi melongo terheran kenapa ada pengendara yang seperti itu. Polisi pun mendatangi, disangkanya pengemudi adalah pemakai narkoba. Proses penyidikan pun terjadi, hingga tidak terbukti tudingan narkoba itu. 

Pemicu Timbulnya Vertigo pada dasarnya terjadi karena keseimbangan tubuh terganggu oleh sebab kurangnya oksigen (O2) di dalam otak atau sehingga mengakibatkan gangguan saraf antara telinga dengan kepala termasuk otak. Pemicu timbulnya Vertigo antara lain ;

- Terlalu sering membersihkan telinga baik dengan cutton bat atau yang lainnya.- Sering begadang (kurang tidur malam) di saat waktunya tubuh beristirahat. 

- Bantal terlalu tinggi atau terlalu rendah.  

- Salah kaprah menganggap makanan yang berlemak ; daging, keju dan susu dianggap sebagai doping untuk kuat bekerja malam. 

- Banyak minum yang mengandung zat gula, membuat darah menjadi kental sehingga oksigen terhambat pergerakannya atau sirkulasi oksigen dan darah berjalan tidak normal. 

Penjelasan Dokter Tentang Kehebatan Gula Kayu Terhadap Kesehatan Manusia

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan,Yusran Edo Fauzi