logo


Drainase Vertikal, Anies Masih Teori, Pemprov DKI Sudah Lakukan

Meski sudah dikerjakan, drainase vertikal yang diterapkan melalui pembuatan sumur resapan dan lubang-lubang biopori juga kerap mengalami kendala.

17 Februari 2017 13:43 WIB

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Teguh Hendrawan.
Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Teguh Hendrawan. beritajakarta.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tak hanya Wakil Gubernur Djarot Syaiful Hidayat yang mengklaim gagasan drainase vertikal sudah dikerjakan, pernyataan yang sama juga ditegaskan Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Teguh Hendrawan, yang mengakui upaya tersebut sudah bukan lagi sebagai teori seperti yang disampaikan Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Wah, ya itu udah ada. Jadi seperti yang disampaikan Pak Anies ya, namanya orang boleh saja berteori, berpikiran. Tapi terkadang kan ga semudah yang dibayangkan," ungkap Teguh saat dihubungi, Jumat (17/2).

Menurutnya meski sudah dikerjakan, drainase vertikal yang diterapkan melalui pembuatan sumur resapan dan lubang-lubang biopori juga kerap mengalami kendala.

"Namanya sumur artesis kita bikin yang namanya sumur resapan. Tapi kan tidak semua wilayah itu bisa dibuatkan sumur resapan, karena terkadang seperti di wilayah utara, karena tanahnya tanah lempung yang tidak bisa menyerap air," tegasnya.

Pasalnya terdapat perbedaan daya serap air baik oleh tanah merah dengan tanah lempung. Jenis tanah lempung tidak mampu menyerap air. Sehingga air akan tetap menggenang di atas tanah tanpa terserap.

"Air itu kan ada yang bisa terserap, tapi ada juga yang tidak, jadi ngambang. itu juga harus diperhatikan. Tapi tetep bikin kok lubang resapan biopori, sumur arthesis, bikin, ada semua," ujarnya.

Sementara itu, lebih lanjut Teguh juga menyebut pihaknya telah menyusun peta wilayah yang tercatat rawan genangan untuk selanjutnya dibuatkan sumur resapan atau lubang biopori.

"Bahkan kita sudah mapping-mapping daerah-daerah yang memang rawan genangan. Terutama kan seperti daerah di selatan, cek aja. Sampai di tingkat sekolah-sekolah SD, semua kita bikinkan," terangnya.

Soal Isu Demokrat Bakal Dukung Ahok-Djarot, Begini Reaksi Gerindra

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Marselinus Gunas