logo


SBY Disebut Akan Mainkan Peran Kunci di Pilkada DKI Putaran 2

Pengamat politik menilai Anies-Sandi maupun Ahok-Djarot membutuhkan suara dari Agus

16 Februari 2017 15:40 WIB

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan keterangan pers di kediamannya di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (14/2).
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan keterangan pers di kediamannya di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (14/2). Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tersingkirnya pasangan calon nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni pada Pilgub DKI Jakarta 2017 mengundang pertanyaan dari berbagai pihak. Hal ini terkait dengan arah dukungan partai pengusung pasangan calon tersebut pada Pilgub DKI putaran kedua.

Direktur Eksekutif Media Survei Nasional Rico Marbun mengatakan arah suara pendukung Agus akan banyak dipengaruhi oleh sikap Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Menurutnya, pemilih Agus sebanyak 17 persen jelas merupakan garis keras pendukung SBY.

"Pemilih Agus yang hampir 17 persen ini jelas hardliner klan Yudhoyono. Tidak serta-merta (dukungan) mereka akan mengalir begitu saja ke Anies," kata Rico kepada wartawan di Jakarta, Kamis (16/2/2017).


Tim Pemenangan Ahok-Djarot Mulai Dekati PKB dan PPP

Sikap SBY disebut akan sangat menentukan arah dukungan partai politik pengusung Agus-Sylvi di putaran kedua nanti. Rico menilai, apabila SBY diam saja, bisa jadi pasangan Ahok-Djarot akan memenangi pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur DKI putaran kedua.

"Sikap SBY akan menentukan. Jika SBY diam saja, bisa jadi Ahok akan unggul lagi," paparnya.

Menurut Rico, SBY dapat menjadi sosok kunci pada pilkada DKI Jakarta putaran kedua mendatang. Sebab dikatakannya, kedua belah pihak baik Anies-Sandi maupun Ahok-Djarot membutuhkan suara dari Agus.

"Menurut saya, SBY juga bisa jadi key player. Karena kedua belah pihak tetap butuh suara Agus," ucapnya.

Pilkada DKI Masuki Babak Tambahan,Novanto Minta Ahok Tidak Sombong

Halaman: 
Penulis : Sukma Fadhil Pratama