logo


Pengamat : 3 Parpol Pengusung Agus-Sylvi Bisa Saja Merapat ke Ahok-Djarot

Partai Demokrat diprediksi berpindah haluan ke kubu Anies-Sandi

16 Februari 2017 10:12 WIB

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kedua kanan) didampingi Djarot Saiful Hidayat (kanan) mendengarkan pertanyaan dari pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono (kedua kiri) dan Sylviana Murni (kiri) saat Debat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (13/1).
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kedua kanan) didampingi Djarot Saiful Hidayat (kanan) mendengarkan pertanyaan dari pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono (kedua kiri) dan Sylviana Murni (kiri) saat Debat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (13/1). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, memprediksi peta koalisi antar pasangan calon pada Pilkada DKI Jakarta yang berlangsung dua putaran.

Hasil perhitungan cepat (quick count) yang dilaksanakan oleh berbagai lembaga menunjukkan pasangan calon nomor urut 1, Agus-Sylvi, pada posisi terbawah. Agus Yudhoyono pun mengaku kalah dengan lapang dada atas hasil tersebut. Partai pendukung pasangan Agus-Sylvi kemungkinan akan berpindah haluan untuk menghadapi putaran kedua nanti. 

Agus-Sylvi didukung 4 partai politik yaitu Partai Demokrat, PKB, PAN, dan PPP kubu Romahurmuziy. Pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno pun akan berlomba mendekati parpol itu untuk berkoalisi.

"Nanti di putaran kedua kita lihat saja pasangan nomor 2 dan 3 menyampaikan programnya," ucap Hendri Satrio saat dihubungi media, Kamis (16/2/2017).


Mega Instruksikan Pendukung Ahok-Djarot Jaga 'Suara' di Putaran Kedua

Melihat latar belakang dari 4 parpol tersebut, Hendri menilai 3 parpol selain Demokrat bisa saja merapat ke Ahok-Djarot, sedangkan Demokrat bisa tetap netral atau ke Anies-Sandiaga.

"Kalau kita lihat mas Agus didukung Demokrat dan 3 parpol pendukung pemerintah kan, bisa saja 3 parpol ini ke Basuki, kemudian SBY ke Anies-Sandi," ujarnya. 

Ahok-Djarot Jadi Pemenang di TPS Habib Rizieq

Halaman: 
Penulis : Sukma Fadhil Pratama