logo


UNS Gelar Workshop Literasi Informasi Beasiswa Taiwan

Kegiatan workshop ini bisa menambah wawasan dan informasi tentang bagaimana merencanakan studi lanjut dan mencari beasiswa ke luar negeri, serta ada jalinan kerja sama yang erat antara UNS dan ICDF Taiwan

15 Februari 2017 08:00 WIB

UNS Gelar Workshop Literasi Informasi Beasiswa Taiwan
UNS Gelar Workshop Literasi Informasi Beasiswa Taiwan Jitunews/Rofiq Hudawiy

SOLO, JITUNEWS.COM - UPT Perpustakaan dan UPT Layanan Internasional Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan workshop literasi informasi studi lanjut dan aplikasi beasiswa ke luar negeri di Ruang Nakula Lantai 2 UPT Perpustakaan UNS Surakarta, belum lama ini.

Acara ini dibuka oleh Kepala UPT Perpustakaan UNS, Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum., didampingi Kadiv Humas Kerjasama dan Bisnis, Achmad Nur Chamdi, M.Si., serta staf UPT Layanan Internasional UNS, Hanif Genang Setyaji, S.S., serta nara sumber dari International Cooperation and Development Fund (ICDF) Taiwan Scholarship, Arif Misbahul MBM.

Kepala UPT Perpustakaan UNS dalam sambutannya menekankan bahwa keunggulan daya saing suatu bangsa salah satunya ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Oleh karena itu, dengan adanya program workshop literasi informasi beasiswa khususnya dari Pemerintah Taiwan dan ICDF, agar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, khususnya bagi lulusan UNS.


Perkuat Pengawasan Reformasi Birokrasi, UNS Gandeng KPK

Dalam paparannya, Arif Misbahul mengatakan bahwa studi lanjutan di luar negeri, khususnya di Taiwan, prosesnya mudah dan cepat. Selain itu juga tersedia banyak beasiswa tanpa ada kewajiban yang mengikat, memiliki kualitas sumber daya akademik yang berkualitas, pilihan program studi berbahasa Inggris yang prospektif dan beragam, serta juga penguasaan bahasa Mandarin yang disediakan fasilitas gratis oleh Universitas. 

Arif pun menuturkan bahwa Taiwan kaya akan budaya dan lingkungan pergaulan internasional, kesempatan karier dan pekerjaan yang lebih baik, memiliki standar hidup yang tinggi, dan biaya kuliah serta biaya hidup yang terjangkau. Faktor lainnya juga mahasiswa Indonesia banyak menimba ilmu untuk kuliah studi lanjut di negara tersebut, dan juga banyak tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Taiwan. 

Lebih lanjut, Arif mengatakan, pihak ICDF juga akan menjembatani para pelajar dan mahasiswa tingkat akhir dan fresh graduate yang ingin melanjutkan studi lanjutnya di negara Taiwan tersebut.

Sementara itu, Kadiv Humas Kerjasama dan Bisnis UPT Perpustakaan UNS menyatakan bahwa dengan kegiatan workshop ini bisa menambah wawasan dan informasi tentang bagaimana merencanakan studi lanjut dan mencari beasiswa ke luar negeri, serta ada jalinan kerja sama yang erat antara UNS dan ICDF Taiwan, khususnya bidang pendidikan, apalagi dalam waktu dekat akan dibuka 'Taiwan Corner' di Perpustakaan UNS.

Songsong Perkuliahan Semester Genap, UPT Perpustakaan UNS Adakan Seminar Literasi

Halaman: 
Penulis : Rofiq Hudawiy, Riana