logo


Gunakan PLTN, Indonesia Lakukan Penghematan

Penggunaan energi nuklir berdampak pada penghematan bahan bakar fossil dan perlindungan lingkungan

1 Desember 2014 10:12 WIB

Reaktor Nuklir (Istimewa)
Reaktor Nuklir (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Penggunaan energi nuklir berdampak pada penghematan bahan bakar fossil dan perlindungan lingkungan.

"Perbandingan penggunaan uranium dengan batubara, sekian ton batubara hanya dibutuhkan uranium sekian gram. artinya hanya sedikit uranium, akan menghasilkan listrik yang lebih besar dibandingkan batubara." Staf perawatan elektrik BATAN menyatakan, Koes Indrakoesoema di Jakarta, Senin (1/12).

Hanya saja Koes mengatakan, pemeliharaan untuk nuklir sangat teratur sehingga diperlukan kegiatan operasional yang juga teratur.


Operasikan PLTU Jawa 8, PLN Ciptakan Potensi Penghematan Rp 1 Triliun

Selain itu juga dibandingkan dengan batubara, reactor (nuklir) lebih clean. "Artinya tidak menimbulkan pencemaran," imbuhnya.

Peningkatan konsumsi bahan bakar fossil menyebabkan penimbunan CO2 di atmosfer bumi yang dapat membawa efek-efek berbahaya pada iklim global. Emisi-emisi berbahaya lain dari pembakaran batu-bara dan pemabakaran minyak untuk pembngkit listrik, beberapa berkontribusi pada hujan asam yang dapat membahayakan danau, hutan dan lingkungan.

 

Satgas Rafico, Pertamina MOR III Pastikan Keamanan Pasokan LPG dan BBM di Bekasi dan Purwasuka

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Vicky Anggriawan