logo


Jokowi Lepas 5.000 Ton Beras Premium ke Sri Langka

Jokowi mengatakan sebagai negara sahabat dan sebagai salah satu negara besar di Asia sudah sepantasnya Indonesia berada bersama Sri Langka dalam menghadapi situasi-situasi yang sulit.

14 Februari 2017 11:46 WIB

Presiden Jokowi menyaksikan beras bantuan yang akan dikirimkan ke Sri Lanka, sebelum acara pelepasan di Kawasan Pergudangan Sunter Bulog Divre Jakarta, Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (14/2) pagi.
Presiden Jokowi menyaksikan beras bantuan yang akan dikirimkan ke Sri Lanka, sebelum acara pelepasan di Kawasan Pergudangan Sunter Bulog Divre Jakarta, Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (14/2) pagi. Setpres/Jay

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden RI Joko Widodo pada hari ini, Selasa, tanggal 14 Februari 2017, meresmikan pengiriman 5.000 ton beras premium ke Sri Langka. Pasalnya pengiriman beras tersebut merupakan bagian dari bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk masyarakat Sri Langka yang saat ini sedang mengalami kekeringan dan gagal panen yang berkepanjangan.

"Pada hari ini kita berangkatkan bantuan berupa beras sejumlah 5.000 metrik ton untuk saudara-saudara kita di Sri Langka yang saat ini menghadapi situasi kerawanan pangan karena gagal panen dan kekeringan yang berkepanjangan," demikian kata Joko Widodo, saat melepas pengiriman 5.000 ton beras Premium tersebut di halaman gudang Bulog Drive DKI Jakarta, Kelapa Gading Jakarta Utara, Selasa (14/2).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pengiriman bantuan tersebut merupakan permintaan langsung dari Presiden Sri Langka Yang Mulia Maithripala Sirisena yang disampaikan kepada Jokowi melalui Duta Besar Sri Lanka di Jakarta.


Buwas Ungkap Kejahatan Bantuan Pangan Non-Tunai

"Kami merespon dengan cepat permintaan tersebut. Saya menginstruksikan kepada kementerian terkait untuk bisa mengirimkan bantuan tersebut," demikian katanya.

Jokowi mengatakan sebagai negara sahabat dan sebagai salah satu negara besar di Asia sudah sepantasnya Indonesia berada bersama Sri Langka dalam menghadapi situasi-situasi yang sulit. Dalam acara pelepasan pengiriman beras tersebut, Jokowi memecahkan kendi sebagai simbol diresmikannya pengiriman beras Premium ke Sri Langka.

Setelah meresmikan pengiriman beras, Presiden meninjau kesiapan Bulog dalam menjaga stok beras dan gula di gudang Bulog. Dalam acara pengiriman beras tersebut turut hadir, Kepala Staf Presiden, Teten Masduki, Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maha Rani, Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, Menteri BUMN, Rini Soemarno, Direktur Utama Bulog, Djarot Kusumayakti.

Wacana Buang-Buang Beras, Netizen Mengecam Sikap Bulog

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah