logo


PAN Ikut Usulkan Hak angket 'Ahok Gate', Ada Apa?

Fraksi PAN turut usulkan hak angket 'Ahok Gate' meski sebagai partai pendukung pemerintah

14 Februari 2017 11:34 WIB

Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto.
Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto. JITUNEWS/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Partai Amanat Nasional (PAN) ikut mengusulkan hak angket 'Ahok Gate' di DPR bersama 3 fraksi lain yakni Partai Demokrat, Gerindra, dan PKS. Tindakan politik tersebut dinilai berseberangan sebab PAN merupakan partai pendukung pemerintah.

Sekretaris Fraksi PAN Yandri Susanto mengatakan bahwa partai pendukung pemerintah tidak boleh kehilangan daya kritisnya. Dirinya menyebut PAN harus mengambil sikap terhadap hal-hal yang perlu diluruskan.

"Ini bukan masalah pendukung atau bukan pendukung. Kalau ada hal-hal yang perlu kita luruskan tentu PAN harus ambil sikap," ungkap Yandri kepada media, Senin (13/2/2017).


13 Anggota DPR dari Fraksi Gerindra Usul Dibentuknya Pansus Hak Angket 'Ahok Gate'

Fraksi PAN menyebut keputusan hak angket ini bukan atas perintah sang ketua umum partai, Zulkifli Hasan. Menurut Yandri, inisiatif Fraksi PAN untuk turut serta dalam 'Ahok Gate' adalah murni atas aspirasi masing-masing anggota fraksi.

"Nggak ada (arahan dari Ketum PAN). Inisiatif masing-masing anggota karena hak angket adalah hak yang bisa digunakan oleh masing-masing anggota DPR," jelas Yandri

Sementara terkait dengan keputusan PAN menggulirkan hak angket kepada pemerintah yang akan berdampak di kemudian hari, Yandri enggan memberi komentar secara rinci.

"PAN nggak boleh hilang daya kritisnya walaupun ada di dalam pemerintahan," ucapnya.

Ini Partai-partai yang Dukung Bergulirnya Hak Angket 'Ahok Gate'

Halaman: 
Penulis : Sukma Fadhil Pratama