logo


Polri Periksa Adik Anies Baswedan Terkait Kasus di Kemkominfo

Kasus pengadaan proyek Very Small Aperture Terminal (VSAT) di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyeret Abdillah Baswedan

14 Februari 2017 11:37 WIB

Gedung Bareskrim Mabes Polri
Gedung Bareskrim Mabes Polri NTMC Polri

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Polri akan melakukan pemeriksaan terhadap adik Anies Baswedan, Abdillah Baswedan, terkait kasus pengadaan proyek Very Small Aperture Terminal (VSAT) di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

"Akan ada pemeriksaan terhadap Abdillah Baswedan. Pemeriksaan pukul 09.00 WIB," ujar Kasubdit I Dittipikor III Bareskrim Polri, Kombes Pol Adi Deriyan, Selasa (14/2/2017).

Adi menjelaskan, kasus pengadaan VSAT tersebut terjadi pada tahun 2012. Pihaknya melakukan penyelidikan tahun ini berdasar laporan dari masyarakat.


Buntut Pengaktifan Ahok, 4 Fraksi DPRD Tolak Rapat dengan Pemprov DKI

"Penyelidikan baru tahun sekarang berdasar laporan dari masyarakat. Saat ini baru Abdillah Baswedan yang akan diperiksa," ucapnya.

Sebelumnya, sekelompok orang yang menamakan dirinya sebagai Komite Aksi Mahasiswa untuk Reformasi dan Demokrasi (Kamerad) melaporkan Anies Baswedan dalam kasus serupa ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka menuduh Anies menerima gratifikasi atas proyek VSAT (Very Small Aperture Terminal).

"Meminta kepada KPK untuk memeriksa Anies Baswedan yang diduga menerima fee proyek VSAT di Kominfo," ujar koordinator Kamerad, Jeffri Azhar.

Jeffri menduga rekening adik Anies Baswedan, Abdillah Baswedan, dipakai untuk menerima transfer sebesar Rp 5 miliar dari seseorang terkait proyek VSAT tersebut.

Partai NasDem Harap Hak Angket 'Ahok Gate' Dihentikan

Halaman: 
Penulis : Sukma Fadhil Pratama