logo


Hanura Yakin Akan Gagalnya Usulan Angket 'Ahok Gate'

Hak angket 'Ahok Gate' berawal dari pengaktifan kembali Ahok sebagai Gubernur DKI usai cuti kampanye

14 Februari 2017 10:54 WIB

Politisi partai Hanura Dadang Rusdiana.
Politisi partai Hanura Dadang Rusdiana. Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Fraksi Partai Hanura dengan tegas menolak usulan hak angket 'Ahok-Gate' oleh 90 anggota dari empat fraksi di DPR RI meliputi Partai Demokrat, PKS, PAN, dan Gerindra. Partai Hanura yakin hak angket tersebut akan gagal.

"Hak angket tidak pada tempatnya. Ini kan bukan persoalan yang berdampak luas pada seluruh masyarakat. Ini kan hanya berhubungan dengan persoalan calon DKI Jakarta. Yang di dalamnya ada perbedaan penafsiran hukum," kata Sekretaris Fraksi Hanura, Dadang Rusdiana, Selasa (14/2/2017).

Dadang menjelaskan bahwa munculnya polemik terkait status Ahok karena terdapat dakwaan dengan dua pasal secara alternatif. Pasal utama memiliki ancaman hukuman 4 tahun, sedangkan pasal alternatifnya memiliki ancaman 5 tahun penjara. Sementara itu, dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 disebutkan kepala daerah yang didakwa dengan ancaman hukuman 5 tahun harus diberhentikan.


Buntut Pengaktifan Ahok, 4 Fraksi DPRD Tolak Rapat dengan Pemprov DKI

"Pemerintah melalui Mendagri kan melihat bahwa Basuki Tjahaja Purnama (BTP) masih dapat melanjutkan kembali jabatan Gubernurnya karena pasal yang didakwakan ada 2 yaitu pasal 156 dan 156a, ada ancaman hukuman paling lama 4 tahun dan ada yang 5 tahun," jelasnya.

"Mendagri menganggap sebelum ada tuntutan Jaksa yang resmi, mana pasal yang dijadikan tuntutan, pemberhentian sementara BTP sebagai terdakwa sebagaimana diatur dalam Pasal 83 ayat 1 belum terpenuhi. Sedangkan yang lain menganggap bahwa seharusnya Presiden memberhentikan sementara Ahok dari jabatan gubernurnya. Terjadi perbedaan pendapat," lanjutnya.

Dadang menilai bahwa tidak ada pelanggaran Undang-Undang oleh pemerintah, namun hanya perbedaan penafsiran. Untuk itu, Hanura menunggu bagaimana hasil rapat paripurna tentang hal tersebut.

"Nanti kita lihat di paripurna. Saya yakin nasib hak angket tidak akan berlanjut. Fraksi Hanura jelas menolak hak angket. Tidak ada gunanya. Pasti gagal. Hanya akan menambah kegaduhan," paparnya.

Partai NasDem Harap Hak Angket 'Ahok Gate' Dihentikan

Halaman: 
Penulis : Sukma Fadhil Pratama