logo


Sukseskan Swasembada Pangan, Para Penggiat Pertanian Harus Melek Teknologi.

Untuk bisa mendukung suksesnya program swasembada pangan kesiapan dari para penggiat sektor pertanian perlu dilakukan.

10 Februari 2017 15:55 WIB

Kepala Staf Kodam Iskandar Muda Brigjend (TNI) M Daniel Chardin.
Kepala Staf Kodam Iskandar Muda Brigjend (TNI) M Daniel Chardin. Jitunews/Siprianus Jewarut

ACEH, JITUNEWS.COM -Kepala Staf Kodam Iskandar Muda Brigjend (TNI) M Daniel Chardin mengatakan bahwa untuk bisa mendukung suksesnya program swasembada pangan, kesiapan dari para penggiat sektor pertanian perlu dilakukan.

“Para penggiat sektor pertanian harus melek perkembangan teknologi, terutama dalam memanfaatkan teknologi di sektor pertanaian,”demikian kata Kepala Staf Kodam Iskandar Muda Brigjend (TNI) M Daniel Chardin seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Jitunews.com, Jumat(10/2).

Brigjend (TNI) M Daniel Chardin juga mengharapkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi  saat ini dapat dimanfaatkan  oleh para penyuluh dan segenap stake holder pertanian untuk bekerja lebih cerdas mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dalam melakukan pendampingan kepada petani sehingga petani dapat dengan mudah mengakses informasi dalam mendapatkan benih unggul, pupuk yang berkualitas, cara mengatasi hama dan penyakit tanaman serta cara mengolah produk pertanian secara langsung dalam upaya menekan para tengkulak dan spekulan permainan harga di lapangan.

Chardin merujuk pada data Kementan pertengahan Tahun 2016 yang mencatat angka peningkatan ketahanan pangan Indonesia menjadi 50,6 % (sebelumnya 47,9 %) dan data GFSI yg menempatkan ketahanan pangan Indonesia pada peringkat 71 dunia (dari 113 negara) ditambah dengan keberhasilan Indonesia dalam mewujudkan swasembada pangan, dimana pada tahun 2016 sudah tidak ada lagi impor beras dan impor jagung yang menurun sebesar 66.6 %.

"Semua ini menunjukkan peran serta aktif segenap stake holder pertanian, baik THL-TBPP,  Perhiptani, dinas pertanian dan TNI" demikian katanya.

Ia juga menegaskan bahwa komitmen TNI AD untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Upsus Pajale di Aceh secara optimal melalui  pendampingan yang penuh keikhlasan dan kesungguhan disertai semangat juang  dalam meningkatkan produksi, produktivitas dan mutu hasil tanaman pangan sehingga mencapai target yang ditetapkan.

Sektor Pertanian Kabupaten Pandeglang Terkendala SDM

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Marselinus Gunas