logo


Zulkifli Hasan Minta KPU dan Bawaslu Tak Berpihak

Zulkifli juga mengimbau kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melaksanakan tugasnya secara profesional, jujur dan adil

10 Februari 2017 14:28 WIB

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan.
Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan. mpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, meminta seluruh rakyat Indonesia untuk mempersiapkan dan menentukan pilihannya pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang akan diikuti 101 daerah dari tingkat provinsi, kabupaten, dan kota pada tanggal 15 Februari 2017 mendatang.

"Sekarang kita sudah memasuki akhir masa kampanye dan akan memasuki masa tenang pada tanggal 12 Februari dan pada tanggal 15 Februari 2017 mendatang seluruh rakyat akan menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin di kabupaten, kota atau provinsi masing-masing," ujarnya di Gedung DPR RI Jakarta, Jumat (10/2).

Zulkifli juga mengimbau Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melaksanakan tugasnya secara profesional, jujur dan adil, serta tidak berpihak kepada calon gubernur dan wakil gubernur tertentu. Hal serupa juga diharapkan kepada aparat keamanan termasuk Badan Pengawas Pemilu untuk dapat mengawasi jalannya Pilkada serentak dan bersikap netral.


KPU Harap RUU Pemilu Dapat Segera Terselesaikan

"Tidak berpihak ke mana pun, tapi berpihak pada peraturan Undang-Undang dan seluruh rakyat Indonesia," tuturnya.

Ketua MPR yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini berharap agar seluruh calon gubernur dan wakil gubernur mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di masa-masa menjelang digelarnya Pilkada serentak.

"Para kandidat di masa tenang harus betul-betul bisa mematuhi perundang-undangan dan juga mengikuti pilkada dengan baik, tidak menggunakan cara money politic dan sebagainya," tuturnya.

Dalam hal ini, Zulkifli sangat berharap agar seluruh rakyat menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya untuk memilih pemimpin terbaik yang berwawasan kebangsaan dan Pancasilais.

"Saya sebagai pimpinan MPR mengajak, pilihlah pemimpin apakah wali kota, apakah bupati yang bersungguh-sungguh ingin membangun daerahnya, kabupatennya, kotanya maupun provinsinya. Dan setelah terpilih, mereka akan menjadi bagian dari seluruh rakyat yang ada di tempatnya baik yang memilih atau tidak memilih, itu intinya memilih pemimpin yang berwawasan," tutupnya.

Kebakaran Pasar Senen, Walkot Jakpus: Api Menyebar Hampir di Semua Blok

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Vicky Anggriawan