logo


Sektor Pertanian Kabupaten Pandeglang Terkendala SDM

Sektor pertanian Kabupaten Pandeglang perlahan-lahan akan kembali bertumbuh.

9 Februari 2017 17:54 WIB

Petani memanen padi.
Petani memanen padi. dok. Jitunews

PANDEGLANG, JITUNEWS.COM - Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan bahwa kurangnya SDM masyarakat masih menjadi kendala utama dalam meningkatkan sektor pertanian di Kabupaten Pandeglang.

Menurutnya, Kabupaten Pandeglang memiliki potensi lahan pertanian yang cukup luas namun belum bisa dimanfaatkan secara maksimal.

"Kita memiliki lahan pertanian yang cukup luas, tetapi sampai saat ini belum dimanfaatkan secara maksimal, karena masih kurangnya SDM Masyarakat," demikian kata Irna Narulita seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Jitunews.com, Kamis (9/2).


Brigade Alsin, Strategi Mentan Garap Lahan Rawa

Namun, ia tetap merasa optimis, bahwa dengan adanya sejumlah bantuan yang disalurkan oleh pemerintah pusat, dan didukung dengan semangat para penyuluh pertanian. Sektor pertanian Kabupaten Pandeglang perlahan-lahan akan kembali bertumbuh.

Ia juga optimis bahwa dengan adanya sejumlah bantuan dari pemerintah pusat terget pembukaan lahan jagung di kabupaten Pandeglang bisa segera terwujud dan produksi jagung pasti akan meningkat.

"Kita optimis Pandeglang akan menjadi lumbung jagung bagi provinsi Banten dan bahkan Nasional," ujarnya.

Kabupaten Pandeglang merupakan kabupaten yang memiliki luas lahan pertanian terluas di Provinsi Banten, luas lahan pertaniannya mencapai 58,61 persen dari total lahan pertanian yang dimiliki Provinsi Banten.

Untuk saat ini pemerintah Kabupaten Pandeglang yang didukung oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian akan memprioritaskan pembukaan lahan jagung, sehingga mampu memenuhi kebutuhan jagung di provinsi Banten dan kebutuhan jagung dalam skala nasional.

Pimpinan DPR Puji Capaian Sektor Pertanian Era Amran

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah