logo


Cegah Terus Naiknya Inflasi, Kemendag Jaga Kodisi Harga Pangan

Pemerintah pada saat ini memiliki tanggung jawab untuk bisa menahan laju inflasi tersebut.

8 Februari 2017 14:57 WIB

Suasana di pasar tradisional Klender, Jakarta (27/4/2016).
Suasana di pasar tradisional Klender, Jakarta (27/4/2016). JITUNEWS/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dirjen Perdagangan dalam Negeri Kementerian Perdagangan(Kemendag) Oke Nurwan mengatakan bahwa naiknya harga komoditas pangan pada saat ini berdampak pada kenaikan inflasi pada sepanjang bulan Januari.

"Sepanjang bulan januari yang lalu kita mengalami kenaikan inflasi yang cukup tinggi, maka untuk kembali menekan laju inflasi ini perlu menjaga kondisi harga bahan pangan,”demikian kata Oke Nurwan di Jakarta, Rabu (8/2).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pemerintah pada saat ini memiliki tanggung jawab untuk bisa menahan laju inflasi tersebut. Sumbangan terbesar untuk kenaikan inflasi tersebut adalah dari sektor pangan, terutama dampak dari kenaikan harga pada sejumlah komoditas pangan.


Brigade Alsin, Strategi Mentan Garap Lahan Rawa

Ia menjelaskan bahwa untuk kembali menjaga kestabilan harga pangan, pemerintah tengah mengupayakan sejumlah langkah strategis diantaranya dengan menjaga kestabilan pasokan, memotong rantai distribusi yang selama ini masih cukup panjang hingga mengatur kondisi harga pada sejumlah komoditas pokok.

"Tujuannya untuk bisa menahan laju inflasi," demikian katanya.

Menurutnya, kalau tidak ada langkah cepat dari pemerintah dalam menjaga kondisi harga pangan, bukan tidak mungkin laju inflasi ini akan terus meningkat dan berpengaruh pada skala ekonomi nasional.

Ia juga menuturkan bahwa kondisi harga pangan pada saat ini pelan-pelan mulai bisa dikendalikan oleh pemerintah dan harapannya kondisi harga ini bisa terus di kendalikan.

Pimpinan DPR Puji Capaian Sektor Pertanian Era Amran

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah