logo


Pemerintah Upayakan Kenaikan Devisa Sektor Wisata Bahari

"Kalau kita perhatikan baik-baik, Malaysia dapat memperoleh delapan kali lipatnya kita, pada hal kita tau bahwa pantai nomor dua terpanjang dunia adalah Indonesia," ucap Arief Yahya.

7 Februari 2017 14:28 WIB

Menteri Pariwisata Arief Yahya.
Menteri Pariwisata Arief Yahya. Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan bahwa pada saat ini pemerintah terus mengupayakan sejumlah langkah strategis dalam meningkatkan devisa bagi negara. Menurutnya penambahan devisa dari sektor wisata bahari harus terus dilakukan.

"Selama ini kita terlalu lama memunggungi lautan, maka dampaknya sumbangan devisa dari wisata bahari kita masih sangat kecil," demikian kata Arief Yahya di Jakarta, Selasa (7/2).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa sumbangan dari sektor wisata bahari tanah air saat ini kontribusinya hanya 10 persen, dari pendapatan devisa.

"Jadi kalau devisa kita 10 miliar dolar, wisata bahari kita hanya menyumbangkan 10 persen, yakni 1 miliar dolar," demikian katanya.


UKM Pariwisata di Labuan Bajo Didorong Naik Kelas Melalui Digitalisasi

Ia kemudian membandingkan sektor sumbangan wisata bahari Malaysia yang jauh lebih besar bila dibandingkan dengan Indonesia.

"Kalau kita bandingkan dengan malaysia, dari total 20 miliar sumbangan devisa untuk negara 8 miliar diantaranya dari sektor wisata bahari," ujarnya.

"Kalau kita perhatikan baik-baik, Malaysia dapat memperoleh delapan kali lipatnya kita, pada hal kita tau bahwa pantai no dua terpanjang dunia adalah Indonesia, koral terbaik 2/3 atau 70 persennya ada di Indonesia," akunnya.

Ia menegaskan dengan adanya sejumlah langkah konkret saat ini pemerintah kembali menargetkan akan menambah devisa dari sektor wisata bahari hingga 4 miliar dollar dan ini aan terus dikejar hingga 2019.

"Target yang kita canangkan pada saat ini adalah bukan target yang kecil, maka untuk bisa mencapai ini kita tidak mungkin dengan cara yang biasa saja, tetapi dengan cara yang luar biasa," tukasnya.

Menpar Ajak Kaum Milenial Ikuti Lomba Foto Pesona Mudik 2019, Yuk Ikutan!

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah