logo


Setiap Provinsi akan Punya Mal Layanan Publik

Daerah yang mendapatkan nilai B ke atas, tingkat efisiensi pengelolaan keuangan daerah sudah bagus.

6 Februari 2017 19:39 WIB

Menteri PANRB Asman Abnur.
Menteri PANRB Asman Abnur. setkab.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah berencana untuk membangun mal pelayanan publik di berbagai provinsi. Mal pelayanan publik  berupa gedung dan berfungsi memberikan pelayanan terhadap kepentingan publik.

"Gedung itu seluruhnya berisi pelayanan publik, ini model kita ke depannya. Setiap provinsi dan kabupaten punya, nasional juga punya," ujar MenpanRB Asman Abnur dalam acara penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) tahun 2016 kepada pemerintah kabupaten/kota regional III di JEC Yogyakarta, Senin (6/2/2017).

Tujuan dari mal pelayanan publik itu adalah memperbaiki kualitas pelayanan publik. Asman mengatakan, mal pelayanan publik saat ini sudah ada di Azerbaijan dan menjadi yang terbaik di dunia.


Menteri PANRB Minta K/L, Gubernur, Bupati/Walikota Kirim Laporan Kinerja 2016

Asman menambahkan, nilai akuntabilitas kinerja pemda diharapkan dapat menjadi motivasi kepala daerah untuk menerapkan kinerja yang baik. Daerah yang mendapatkan nilai B ke atas, kata dia, tingkat efisiensi pengelolaan keuangan daerah sudah bagus. Namun bagi daerah yang mendapat yang nilai C, berarti masih banyak hal yang tidak sinkron antara program dan target yang dihasilkan.

"Yang B kita kasih reward. Kita harapkan jadi cambuk pemicu bagi kepala daerah, kita usulkan kita tambah DAK. Yang nilai rendah kita tahan dulu DAK-nya agar diperbaiki dulu sistemnya," terangnya menambahkan. 

Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Membaik

Halaman: 
Penulis : Marselinus Gunas