logo


Jokowi Masih Jadi Pilihan Calon Presiden Warga Jakarta

Prabowo Subianto menguntit di posisi kedua setelah Joko Widodo.

6 Februari 2017 18:39 WIB

Prabowo Subianto menyambut kedatangan Presiden Jokowi saat berkunjung ke kediamannya, di Padepokan Garuda Yaksa, Desa Bojong Koneng, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Senin (31/10).
Prabowo Subianto menyambut kedatangan Presiden Jokowi saat berkunjung ke kediamannya, di Padepokan Garuda Yaksa, Desa Bojong Koneng, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Senin (31/10). Biro Pers Setpres RI

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Senin, 6 Februari 2017, lembaga survei Media Survei Nasional (Median) merilis hasil penelitiannya terkait nama-nama calon presiden yang mungkin akan bertanding pada Pilpres 2019 mendatang. Nama Joko Widodo (Jokowi) masih berada di urutan teratas.

Survei yang dilakukan pada 29 Januari hingga 2 Februari 2017 dengan menggunakan 800 responden yang kesemuanya warga DKI Jakarta, Median menemukan bahwa hasil survei masih menghendaki Jokowi sebagai presiden. Hal itu ditunjukan dengan bercokolnya Jokowi di urutan teratas dengan 29 persen.

Setelah Jokowi, ada nama Prabowo Subianto di urutan kedua dengan 28,3 persen. Selanjutnya Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berada di posisi ketiga dengan 11,5 persen.


Serukan Bantu Jokowi, Prabowo Subianto: Lupakan Perbedaan Sikap Politik

Menariknya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (9 persen) masuk dalam lima besar pilihan calon presiden warga DKI yang kemudian disusul Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab 4,2 persen).

Penelitian sendiri dilakukan dengan quality control terhadap 20 persen sampel yang ada, kemudian menggunakan metode multistage random sampling dan proporsional atas populasi kota madya dan gender. Margin of error survei kurang-lebih 3,4 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Kami menanyakan kepada responden, jika pemilihan presiden dilakukan saat ini, siapakah toko yang akan anda pilih. Hasilnya, Jokowi menempati peringkat pertama dengan 29 persen, lalu Prabowo Subianto 28,3 persen, Susilo Bambang Yudhoyono di peringkat ketiga dengan 11,5 persen," demikian ucap Direktur Riset Median Sudarto di Restoran Bumbu Desa, Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat, Senin (6/2).

Selain nama-nama tersebut, Median juga menemukan nama-nama calon presiden lain seperti Harry Tanoe, Yusril Ihza Mahendra, Megawati Soekarnoputri dan raja dangdut Rhoma Irama. Namun nama-nama tersebut hanya memiliki suara di bawah satu persen.

Menariknya, nama Gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama ikut meramaikan bursa capres versi penelitian Median dengan angka 1 persen.

Berikut peringkat lengkap capres pilihan warga DKI versi Median:

1. Joko Widodo 29 persen
2. Prabowo Subianto 28,3 persen
3. Susilo Bambang Yudhoyono 11,5 persen
4. Jenderal Gatot Nurmantyo 9,4 persen
5. Habib Rizieq Syihab 4,2 persen
6. Ridwan Kamil 1,9 persen
7. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) 1 persen
8. Rhoma Irama 0,6 persen
9. Yusril Ihza Mahendra 0,5 persen
10. Megawati Soekarnoputri 0,5 persen
11. Jusuf Kalla 0,5 persen
12. Hari Tanoe Soedibjo 0,5 persen
13. Aburizal Bakrie 0,5 persen
14. Wiranto 0,3 persen
15. Tri Rismaharini 0,1 persen
16. Hidayat Nur Wahid 0,1 persen

Puji Sikap Prabowo, PSI: Kentalnya Dendam.....

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah