logo


Jaga Pasokan Beras, Mentan Lakukan Sidak di Pasar Induk Cipinang

Berdasarkan hasil pantauan, harga beras medium kualitas 3 varietas IR 64 di pasar induk tersebut adalah Rp 7.500 per kg.

6 Februari 2017 13:20 WIB

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Jitunews/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Beras Induk Cipinang, pada hari Senin, tanggal 6 Februari 2017, guna mengetahui secara langsung posisi harga dan stok beras. Berdasarkan hasil pantauan, harga beras medium kualitas 3 varietas IR 64 di pasar induk tersebut adalah Rp 7.500 per kg.

Mentan menjelaskan, harga beras tersebut dalam posisi stabil dan lebih murah dibandingkan harga pada waktu yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai Rp 8.600 per kg.

"Harga beras sekarang stabil dan murah dibanding tahun lalu, selisihnya mencapai Rp 1.000 per kilogram. Padahal tahun ini impor kita tutup," jelas Mentan saat melakukan sidak di Pasar Induk Cipinang, Senin (6/2).


Inilah Fakta Beras Merah Lebih Sehat Dikonsumsi

Sementara itu terkait stok beras, Direktur Utama PT. Food Station Tjipinang Jaya, Arif Prasetyo, mengatakan, pemasukan beras di Pasar Induk Cipinang saat ini cukup sehingga mampu menyuplai kebutuhan atau permintaan pasar-pasar yang ada di wilayah Jakarta, Depok bahkan Tangerang.

"Stok beras per 6 Februari 2017 mencapai 33.000 ton dengan pemasukan per harinya 2.500 hingga 3.000 ton. Sebelumnya, stok beras per 31 Januari 2017 sebesar 36,39 ribu ton dan per 1 Februari 2017 sebanyak 35,92 ribu ton," kata Arif.

Sementara itu Ketua Umum Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi Indonesia (PERPADI), Nellys Sukedi, mengungkapkan bahwa harga beras saat ini Rp 7.500 hingga Rp 7.800 per kg untuk kelas medium. "Produksi di penggilingan dan stok di pasar induk cukup," ungkapnya.

Ayong, salah seorang pedagang beras menegaskan stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang saat ini banyak sehingga mampu memenuhi permintaan. Beras yang masuk sebagian besar dari Jawa Barat yaitu Karawang, Subang, Bandung, Cirebon, dan Indramayu.

"Stok beras saat ini di produsen dan penggilingan padi banyak sehingga kami tidak khawatir akan kekurangan pasokan. Pasokan beras setiap harinya mencapai 15 hingga 30 ton," tukasnya.

2016, Kementan Tegaskan Tidak Ada Impor Beras

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan