logo


Trump Gembira Samsung Bangun Pabrik di Amerika Serikat

Trump menyambut gembira mengenai kabar tersebut walaupun kabar tersebut masih belum dapat dipastikan kebenarannya.

6 Februari 2017 10:52 WIB

Presiden Amerika Serikat Donald Trump.
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. REUTERS

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Kabar mengenai raksasa elektronik asal Korea, Samsung yang akan membangun pabrik di Amerika Serikat menjadi viral.

Hal ini dikarenakan cuitan akun media sosial twitter  Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Trump menyambut gembira mengenai kabar tersebut walaupun kabar tersebut masih belum dapat dipastikan kebenarannya.

 "Terima kasih, @Samsung! Kami senang dengan kehadiranmu!," kicau Trump dalam sebuah  cuitan twitter. Pihak Samsung sendiri agaknya dibuat bingung dengan kicauan Trump karena masih belum membalas cuitan  tersebut.


Soal Kebijakan Imigrasi Trump, Jokowi : Kenapa Resah?

Dalam menanggapi cuitan tersebut, pihak Samsung mengatakan bahwa "AS adalah pasar penting bagi Samsung Electronics. Sejauh ini kami sudah menanam modal dalam jumlah signifikan, termasuk di Austin, Texas, di mana kami berinvestasi 17 miliar dollar AS untuk fasilitas manufaktur semikonduktor," sebut Samsung dalam pernyataan yang terkesan mengambang itu.

"Kami masih terus mengevaluasi kebutuhan investasi baru di AS yang bisa membantu kami memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen," begitu pernyataan resmi Samsung. Samsung juga masih menolak memberikan komentar detail soal rencana ekspansi manufaktur ke AS termasuk mengenai letak fasilitas produksi dan waktu beroperasi.

Kebijakan Samsung membangun pabrik di Amerika Serikat dikaitkan dengan kebijakan Amerika Seriakt yang akan mengenakan pajak impor yang lebih tinggi. Trump mengatakan, seperti dikutip dari Kantor Berita Reuters,  bakal menaikkan pajak impor bagi perusahaan elektronik yang memproduksi perangkat di luar AS. Sebaliknya, jika membuat pabrik di AS, Trump bakal memangkas pajak pendapatan.  Kebijakan tersebut bersumber dari produk Apple yang membuat pabrik di China.

Selain Samsung, raksasa elektronik  asal  Korea Selatan lainnya  LG kabarnya juga berniat membangun fasilitas produksi untuk home appliances di Tennessee, AS. Pihak LG masih merahasiakan kabar tersebut.

"Ini (punya pabrik di AS) adalah hal yang dipertimbangkan LG sejak jauh hari," kata perwakilan LG.

 

Google kecam Kebijakan Trump

Halaman: 
Penulis : Ellectrananda Anugerah Ash-shidiqq