logo


Jam Tidur Kacau? Bisa Jadi Anda Butuh Kemah Akhir Pekan

Stres dan kesibukan di kantor membuat jam tubuh atau ritme sirkadian tubuh berubah

4 Februari 2017 10:18 WIB

Ilustrasi begadang / insomnia.
Ilustrasi begadang / insomnia. Shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Kesibukan dan stres di kantor selama lima hari kerja tanpa kita sadari membuat jam tubuh dan jam tidur Anda menjadi kacau.

Selama ini cara konvensional untuk memperbaiki siklus tidur adalah dengan pelan-pelan mengendalikan jam tidur agar kembali seperti sedia kala namun cara ini kadang kala membuat Anda menjadi stress karena tak kunjung berfungsi normal.

Studi yang dipublikasi di jurnal Current Biology, seperti dilansir oleh BBC menyebutkan bahwa  aktivitas camping ternyata mampu membantu menyetel kembali jam tubuh. Alasannya karena saat kamping seseorang akan secara alami terpapar oleh cahaya matahari dan gelapnya malam.


4 Manfaat Ngemil Kuaci untuk Kesehatan

Jam tidur itu sendiri berantakan pada awalnya, menurut peneliti, dipicu oleh paparan cahaya dari lampu-lampu atau layar monitor. Cahaya terang di malam hari mengganggu produksi hormon melatonin yang mengatur seseorang mengantuk, tidur, dan terbangun. Dr Kenneth Wright dari University of Colorado Boulder telah membuktikannya lewat eksperimen pada sejumlah responden. Mereka diajak berkamping sambil mengenakan jam yang bisa mengukur tingkat paparan cahaya dan mengikuti darah untuk mengukur tingkat melatoninnya.

Hasilnya diketahui bahwa para responden ketika di rumah terpapar oleh cahaya yang 13 kali lebih tinggi dibandingkan saat kamping. Ketika tes darah dilakukan terbukti juga bahwa hormon melatonin responden meningkat dan mereka rata-rata tidur 2,5 jam lebih cepat dari biasanya.

"Kami tidak menyebut bahwa kamping adalah jawaban untuk masalah ini. Tapi kita bisa mulai mengenalkan lebih banyak lampu alami di dalam hidup," kata Dr Kenneth dikutip dari BBC, Jumat (3/1/2017).

Selamat Mencoba!

 

Ini 5 Tips Jitu Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Halaman: 
Penulis : Ellectrananda Anugerah Ash-shidiqq