logo


JCM Sebagai Bentuk Kerjasama Antara Indonesia-Jepang Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Proyek JCM telah bekerjasama dengan minimarket swasta di Indonesia

3 Februari 2017 14:11 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. deal-studio.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Semakin seriusnya efek dari emisi gas rumah kaca mendorong pemerintah Indonesia untuk membuat skema yang dapat memecahkan persoalan tersebut.

Menggandeng pemerintah Jepang, Indonesia telah melakukan kerjasama bertajuk Joint Crediting Mechanism (JCM). JCM telah dikembangkan selama 3 tahun dan mendapat respon positif dari berbagai perusahaan swasta.

Asisten Deputi Bidang Kerjasama Ekonomi dan Pembiayaan Kemenko Perekonomian yang juga merupakan Ketua Komite Bersama JCM Indonesia, Rizal Edwin Manansang menyebut skema JCM telah bekerja sama dengan perusahaan minimarket swasta dengan konsep alat elektronik yang hemat energi.


Inilah Bukti Janji Dwi Soetjipto

“Selain menyasar industri besar yang menampung hajat hidup orang banyak, JCM bekerja sama dengan minimarket swasta, seperti Alfamidi, dimana kami menerapkan skema JCM di pendingin dengan refrigerant alamiah, AC yang dilengkapi dengan econovil dan inverter dan penerangan LED dan konsep hemat energi”, ucap Rizal di Jakarta, Kamis (2/2/2017).

Rizal menyebut, salah satu perusahaan besar minimarket swasta di Indonesia telah menerapkan skema JCM. Skema tersebut berhasil mengurangi emisi karbon lebih dari 100 ton karbon dioksida per tahun.

“Model project di Alfamidi diimplementasikan sejak tahun 2014, saat ini skema JCM sudah diimplementasikan di 12 gerai Alfamidi di area Jabodetabek, dan telah berhasil mengurangi emisi karbon sebesar 112TCO2 (112 Ton karbon dioksida) per tahun,” lanjutnya.

Pemerintah berharap, skema JCM dapat diterapkan di berbagai perusahaan swasta lainnya. Terlebih, kewajiban untuk menurunkan tingkat emisi karbon tidak hanya ditujukan ke pemerintah. Namun pihak swasta juga harus aktif serta berupaya mengurangi emisi karbon dari masing-masing industri yang berjalan.

Dirut Pertamina: Efisiensi Bisa Cegah BBM Naik

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan,Sukma Fadhil Pratama