logo


Dirut Pertamina: Efisiensi Bisa Cegah BBM Naik

Dirut Pertamina Dwi Soetjipto melakukan efisiensi untuk menekan harga jual BBM

3 Februari 2017 11:39 WIB

Dirut Pertamina Dwi Soetjipto.
Dirut Pertamina Dwi Soetjipto. JITUNEWS/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto, menyatakan keputusan pemerintah untuk tidak menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakat.

Meski keputusan tersebut berpotensi menimbulkan kerugian bagi Pertamina lantaran harga acuan minyak dunia meningkat, Dwi yakin pemerintah telah mempertimbangkan kinerja keuangan Pertamina sebelum mengambil keputusan ini.

"Kami yakin bahwa pemerintah memberi perhatian terhadap kinerja Pertamina itu sendiri, di samping perhatiannya terhadap daya beli masyarakat," ujar dia di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Jakarta.


Dwi Soetipto: Doktor Ahli Silat yang Berhasil Satukan BUMN Semen

Dengan tidak naiknya harga BBM lanjut Dwi, maka tugas Pertamina selanjutnya adalah melakukan sejumlah efisiensi untuk mengurangi potensi kerugian. Hal tersebut dianggapnya sebagai sebuah tantangan yang harus dilakukan pada awal tahun depan.

"Kami ingin sebagai manager Pertamina, tugas kami berusaha dari sisi efisiensi. Mudah-mudahan dari sisi efisiensi yang kita kembangkan, kita laksanakan, paling tidak bisa mengurangi apa saja yang sudah jadi beban Pertamina. Tapi kami yakin pemerintah tidak akan membiarkan Pertamina dalam posisi rugi. Itu menunjukkan Pertamina sudah melakukan hal maksimum untuk melakukan efisiensi," jelas dia."

Dwi Soetjipto, pada pelantikannya tanggal 28 November 2014, menyatakan ada tiga pekerjaan utama yang akan dia lakukan setelah resmi menjadi pejabat nomor satu di perusahaan pelat merah itu. Ia akan menjadikan Pertamina sebagai ujung tombak Indonesia di bidang energi.

Kedua, meningkatkan efisiensi Pertamina dari hulu sampai hilir dengan transparan dan mengkaji kembali sejumlah hal yang telah dan akan dilakukan oleh Perseroan. Sedangkan target terakhirnya adalah membenahi dan mengelola Pertamina dengan transparan. 

 

Laba Pertamina Kalahkan Petronas, Dwi Soetjipto Justru Ingin Dicopot BUMN

Halaman: 
Penulis : Ellectrananda Anugerah Ash-shidiqq